Pemberdayaan literasi keuangan dan digital bagi pelaku UMKM di Desa Kalimanggiskulon

Authors

  • Cucu Suhartini Universitas Kuningan
  • Endang Darsih Universitas Kuningan
  • Agie Hanggara Universitas Kuningan
  • Iyan Setiawan Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25407

Abstract

Desa Kalimanggiskulon memiliki potensi ekonomi yang besar melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, kurangnya literasi keuangan dan digital sering kali menjadi kendala utama dalam pengembangan usaha tersebut. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM di Desa Kalimanggiskulon melalui edukasi literasi keuangan dan digital. Metode yang digunakan meliputi pelatihan intensif, pendampingan, dan monitoring berkelanjutan kepada para pelaku UMKM. Pelatihan literasi keuangan mencakup pengelolaan keuangan, perencanaan bisnis, dan akses terhadap layanan keuangan formal. Sedangkan pelatihan literasi digital berfokus pada penggunaan teknologi digital untuk pemasaran, pengelolaan operasional, dan peningkatan daya saing di pasar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan para pelaku UMKM yang memproduksi keripik pisang dan gemblong dalam mengelola keuangan dan memanfaatkan teknologi digital, yang berkontribusi pada peningkatan kinerja dan keberlanjutan usaha mereka.

References

Akbar, M., Misbahuddin, & Wahab, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Perilaku Kewirausahaan Muslim Terhadap Kinerja Usaha Kecil (Studi Pada Usaha Kuliner di Kota Makassar). Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 25-39.

Dahmen, P. & Rodriguez, E. (2014). Financial literacy and the success of small businesses: an observation from a small business development center. International Journal Of Numeracy, 7(12).

Gilster, P. (1997). Digital literacy. John Wiley & Sons.

Lopus, J. S., Amidjono, D. S., & Grimes, P. W. (2019). Improving Financial Literacy of the Poor and Vulnerable in Indonesia: An Empirical Analysis. Biochemical Pharmacology; 100168. https://doi.org/10.1016/j.iree.2019.100168.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: An overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 497-508. https://doi.org/10.1017/S1474747211000448

Maya Ariyanti, Ajeng Luthiyatul Farida, Putri Fariska Sugestie, Adhi Prasetyo. (2024). Peningkatan Kapasitas UMKM Melalui Pengembangan Usaha Berbasis Digital. E-Dimas, Education Pengabdian Kepada Masyarakat. 15(1).

Mutegi, H. K., Njeru, P. W., & Ongesa, N. T. (2015). Financial Literacy and Its Impact on Loan Repayment by Small and Medium Entreprenurs. International Journal of Economics, Commerce and Management. 3(3). 1-28.

Narayan, D. (2002). Empowerment and poverty reduction: A sourcebook. World Bank Publications. https://doi.org/10.1596/0-8213-5166-4

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: Evidence from Indonesia. Procedia Social and Behavioral Sciences, 195, 142-150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.03.178

Rahmayani, D., Putri, P. I., Rahman, Y. A., Pratiwik, E., & Vikia, Y. M. (2023). Scale Up Kapabilitas Keuangan Badan Usaha Milik Desa Dengan Aplikasi Sistem Informasi Desa Mandiri (SIDesRi). Madaniya, 4(1), 337-347. https://doi.org/10.53696/27214834.398

Downloads

Published

2024-11-29