Pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru di era digital melalui pemanfaatan aplikasi SAGURU (sistem administrasi guru)
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25743Abstract
Permasalahan yang terjadi di beberapa lembaga yang dinaungi oleh NS-IN TK Jawa Barat khususnya di kota Bekasi saat ini adalah rendahnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh para guru PAUD dan minimnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran. Permasalahan terjadi diakibatkan oleh sulitnya guru dalam mempersiapkan administrasi pembelajaran, dikarenakan memerlukan waktu yang lama, serta belum terdapat aplikasi yang mempermudah guru membuat administrasi pembelajaran, dengan hasil evaluasi awal menunjukan bahwa diperlukan aplikasi untuk memudahkan guru dalam membuat administrasi pembelajaran. Tujuan pelaksanaan pengabdian yaitu meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan memudahkan guru untuk membuat administrasi pembelajaran dengan cepat tanpa memerlukan waktu lama, dengan hanya menginstal aplikasi SAGURU. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu metode Pelatihan, dengan mitra sasaran yaitu guru dari 10 lembaga TK yang ada di kota Bekasi yang dinaungi oleh NS-IN TK Jawa Barat. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukan bahwa 80% aplikasi SAGURU diimplementasikan dengan baik dan konsisten, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan implementasi aplikasi SAGURU mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, guru disiplin beradminitrasi, dan administrasi pembelajaran lebih terstruktur.
References
Aryabkina, I. (2015). Pedagogical Model of Primary School Teacher Cultural and Aesthetic Competence Formation Using Personality Oriented Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(June), 10–17. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.587
Catalano, H., & Catalano, C. (2015). The Contribution of Pedagogical Teaching Practice Activities on the Development of Communicative Competence of the Students Future Teachers for Preschool and Primary School-Ascertaining Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 109–115. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.265
Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440
Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–8.
Farwan, R. M. A. & L. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–17.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Fitria, N. (2017). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendiikan FKIP UNTIRTA 2017, 231–240. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/231-240
Lauermann, F., & König, J. (2016). Teachers’ professional competence and wellbeing: Understanding the links between general pedagogical knowledge, self-efficacy and burnout. Learning and Instruction, 45, 9–19. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.06.006
Nurunnisa, R., Wulansuci, G., & Trisniarti, S. (2024). SAGURU : Pengembangan Administrasi Perencanaan Pembelajaran Berbasis Excel Guru dalam. 5(1), 1122–1130. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.523
Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Saputra, A. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Sosial, Moral dan Keagamaan melalui Metode Bercerita. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 85. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9472
Silvia, E. F., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tersertifikasi Terhadap Minat Belajar Anak Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(1), 56–70.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wulansuci, G., Nurunnisa, R., Aprilyanti, D. S., & Trisniarti, S. (2024). Saguru Application Development (Teacher Administration System) Based On An Independent Curriculum To Increase The Teachers Pedagogical Competence Of Early Childhood Education (Issue Ictlt 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_31
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).