Pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru di era digital melalui pemanfaatan aplikasi SAGURU (sistem administrasi guru)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25743

Abstract

Permasalahan yang terjadi di beberapa lembaga yang dinaungi oleh NS-IN TK Jawa Barat khususnya di kota Bekasi saat ini adalah rendahnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh para guru PAUD dan minimnya pemanfaatan  Teknologi dalam pembelajaran. Permasalahan terjadi diakibatkan oleh sulitnya guru dalam mempersiapkan administrasi pembelajaran, dikarenakan memerlukan waktu yang lama, serta belum terdapat aplikasi yang mempermudah guru membuat administrasi pembelajaran, dengan hasil evaluasi awal menunjukan bahwa diperlukan aplikasi untuk memudahkan guru dalam membuat administrasi pembelajaran.  Tujuan pelaksanaan pengabdian yaitu meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan memudahkan guru untuk membuat administrasi pembelajaran dengan cepat tanpa memerlukan waktu lama, dengan hanya menginstal aplikasi SAGURU. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu metode Pelatihan, dengan mitra sasaran yaitu guru dari 10 lembaga TK yang ada di kota Bekasi yang dinaungi oleh NS-IN TK Jawa Barat. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukan bahwa 80% aplikasi SAGURU diimplementasikan dengan baik dan konsisten, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan implementasi aplikasi SAGURU mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru, guru disiplin beradminitrasi, dan administrasi pembelajaran lebih terstruktur.

References

Aryabkina, I. (2015). Pedagogical Model of Primary School Teacher Cultural and Aesthetic Competence Formation Using Personality Oriented Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(June), 10–17. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.587

Catalano, H., & Catalano, C. (2015). The Contribution of Pedagogical Teaching Practice Activities on the Development of Communicative Competence of the Students Future Teachers for Preschool and Primary School-Ascertaining Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 109–115. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.265

Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–8.

Farwan, R. M. A. & L. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–17.

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Fitria, N. (2017). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendiikan FKIP UNTIRTA 2017, 231–240. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/231-240

Lauermann, F., & König, J. (2016). Teachers’ professional competence and wellbeing: Understanding the links between general pedagogical knowledge, self-efficacy and burnout. Learning and Instruction, 45, 9–19. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.06.006

Nurunnisa, R., Wulansuci, G., & Trisniarti, S. (2024). SAGURU : Pengembangan Administrasi Perencanaan Pembelajaran Berbasis Excel Guru dalam. 5(1), 1122–1130. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.523

Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15

Saputra, A. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Sosial, Moral dan Keagamaan melalui Metode Bercerita. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 85. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9472

Silvia, E. F., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini Tersertifikasi Terhadap Minat Belajar Anak Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(1), 56–70.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wulansuci, G., Nurunnisa, R., Aprilyanti, D. S., & Trisniarti, S. (2024). Saguru Application Development (Teacher Administration System) Based On An Independent Curriculum To Increase The Teachers Pedagogical Competence Of Early Childhood Education (Issue Ictlt 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_31

Downloads

Published

2024-11-29