Memperkuat dasar berkomunikasi dengan bahasa inggris dan pemasaran digital produk tradisional Provinsi Lampung bagi pengrajin kain tapis Lampung di Desa Lugusari Kab. Pringsewu

Authors

  • Rahmatika Kayyis UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU
  • Kurniati Kurniati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Gusti Adi Pranoto Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Indah Desi Rahmawati
  • Paola Janeta Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25768

Abstract

Pengembangan sektor pariwisata, terutama wisata desa, menjadi fokus utama pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Desa Lugusari, yang dikenal sebagai desa wisata Kampung Tapis, memiliki potensi besar dengan produk kain tapis sebagai identitas budaya lokal. Namun, pengrajin di desa ini menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka secara global, terutama dalam hal kemampuan berbahasa Inggris dan pemanfaatan pemasaran digital. Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlangsung dari Juli hingga September 2024, pelatihan komunikasi dasar bahasa Inggris dan pemasaran digital diadakan untuk pengrajin kain tapis. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berkomunikasi serta pemahaman tentang pemasaran digital. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan individu pengrajin tetapi juga berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal, dengan harapan dapat menjadi model bagi desa wisata lainnya di Indonesia.

Author Biography

Rahmatika Kayyis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

Dosen dari jurusan pendidikan bahasa Inggris

References

Agustina, M., Heriani, D., Nasution, M., & Putri, R. E. (2024). Pembuatan Konten Promosi Dan Copywriting Berbahasa Inggris Pada Pengrajin Kain Jumputan Cantik Manis.

Ascharisa, M. A. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Daft, R. L. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.

Heribertus Binawan, Lu’luil Maknun, & Agustinus Hary Setyawan. (2021). Pembinaan Perajin Patung Cetak Resin Di Tirta Kelapa Art Space Melalui Kursus Bahasa Inggris Untuk Pemasaran Online Khususnya Melalui Email Dan Marketplace. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 159–168. Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V1i2.55

Maleachi, S., Sianipar, R., & Sitorus, N. B. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pengelola Homestay Kampung Ulos Huta Raja. Community Development Journal.

Moorhead, G., & Griffin, R. W. (2013). Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Musaddad, A. A., Rahayu, O. Y., Pratama, E., Supraptiningsih, S., & Wahyuni, E. (2019). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Di Indonesia. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1).

Pebriani, B., Prayoga, Y., Harahap, A., & Asnora, F. H. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Pengembangan Bisnis Masyarakat Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 324–328.

Pranoto, G. A., Wulandari, F., Kurniati, K., Tunnajah, N., & Cahyani, R. A. D. (2023). Pemasaran Digital Melalui Content Creator Berbahasa Inggris Bagi Pengrajin Tapis Di Desa Lugusari Pringsewu. Jurnal Bagimu Negeri, 7(2), 221–230. Https://Doi.Org/10.52657/Bagimunegeri.V7i2.2192

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 1–17.

Rahmi, S. A. (2016). Pembangunan Pariwisata Dalam Perspektif Kearifan Lokal. Reformasi, 6(1).

Sonder, I. W. (2017). Pemanfaatan Potensi Pertanian Sebagai Daya Tarik Wisata Berkelanjutan Di Desa Bayung Gede Kabupaten Bangli, Bali. 2.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261.

Terasne, T., Permana, D., Hanan, A., Sudirman, S., & Sumarni, B. (2023). Pelatihan Keterampilan Bahasa Inggris Komunikatif Bagi Pedagang Souvenir Di Sentra Kerajinan Gerabah Sasak. Jurnal Pengabdian Undikma, 4(4), 865. Https://Doi.Org/10.33394/Jpu.V4i4.9175

Downloads

Published

2024-11-29