Memperkuat dasar berkomunikasi dengan bahasa inggris dan pemasaran digital produk tradisional Provinsi Lampung bagi pengrajin kain tapis Lampung di Desa Lugusari Kab. Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25768Abstract
Pengembangan sektor pariwisata, terutama wisata desa, menjadi fokus utama pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Desa Lugusari, yang dikenal sebagai desa wisata Kampung Tapis, memiliki potensi besar dengan produk kain tapis sebagai identitas budaya lokal. Namun, pengrajin di desa ini menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka secara global, terutama dalam hal kemampuan berbahasa Inggris dan pemanfaatan pemasaran digital. Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlangsung dari Juli hingga September 2024, pelatihan komunikasi dasar bahasa Inggris dan pemasaran digital diadakan untuk pengrajin kain tapis. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berkomunikasi serta pemahaman tentang pemasaran digital. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan individu pengrajin tetapi juga berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal, dengan harapan dapat menjadi model bagi desa wisata lainnya di Indonesia.
References
Agustina, M., Heriani, D., Nasution, M., & Putri, R. E. (2024). Pembuatan Konten Promosi Dan Copywriting Berbahasa Inggris Pada Pengrajin Kain Jumputan Cantik Manis.
Ascharisa, M. A. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.
Daft, R. L. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.
Heribertus Binawan, Lu’luil Maknun, & Agustinus Hary Setyawan. (2021). Pembinaan Perajin Patung Cetak Resin Di Tirta Kelapa Art Space Melalui Kursus Bahasa Inggris Untuk Pemasaran Online Khususnya Melalui Email Dan Marketplace. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 159–168. Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V1i2.55
Maleachi, S., Sianipar, R., & Sitorus, N. B. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pengelola Homestay Kampung Ulos Huta Raja. Community Development Journal.
Moorhead, G., & Griffin, R. W. (2013). Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Musaddad, A. A., Rahayu, O. Y., Pratama, E., Supraptiningsih, S., & Wahyuni, E. (2019). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Di Indonesia. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1).
Pebriani, B., Prayoga, Y., Harahap, A., & Asnora, F. H. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Pengembangan Bisnis Masyarakat Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 324–328.
Pranoto, G. A., Wulandari, F., Kurniati, K., Tunnajah, N., & Cahyani, R. A. D. (2023). Pemasaran Digital Melalui Content Creator Berbahasa Inggris Bagi Pengrajin Tapis Di Desa Lugusari Pringsewu. Jurnal Bagimu Negeri, 7(2), 221–230. Https://Doi.Org/10.52657/Bagimunegeri.V7i2.2192
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 1–17.
Rahmi, S. A. (2016). Pembangunan Pariwisata Dalam Perspektif Kearifan Lokal. Reformasi, 6(1).
Sonder, I. W. (2017). Pemanfaatan Potensi Pertanian Sebagai Daya Tarik Wisata Berkelanjutan Di Desa Bayung Gede Kabupaten Bangli, Bali. 2.
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir Dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261.
Terasne, T., Permana, D., Hanan, A., Sudirman, S., & Sumarni, B. (2023). Pelatihan Keterampilan Bahasa Inggris Komunikatif Bagi Pedagang Souvenir Di Sentra Kerajinan Gerabah Sasak. Jurnal Pengabdian Undikma, 4(4), 865. Https://Doi.Org/10.33394/Jpu.V4i4.9175
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).