Peningkatan technological pedagogical content knowlegde (TPACK) bagi guru di SDN Mekaraharja II Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka

Peningkatan technological pedagogical content knowlegde (TPACK) bagi guru di SDN Mekaraharja II Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka

Authors

  • Febby Fajar Nugraha Universitas Kuningan
  • Pajar Anugrah Prasetio Universitas Kuningan
  • Gilang Kripsiyadi Praramdana Universitas Kuningan
  • Muhamad Miftah Rizki Universitas Kuningan
  • Ade Ipan Pirmansah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i1.26230

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan saat ini menuntut guru harus beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi, hal tersebut menuntut guru untuk memiliki keterampilan dalam mengintegrasikan literasi teknologi dalam pembelajaran dengan baik guna menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa agar memiliki kesiapan menghadapi era digital saat ini. Kegiatan pengabdian ini berjutuan untuk meningkatkan kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di kalangan guru sekolah dasar. Pengabdian ini melibatkan pelatihan intensif TPACK bagi guru-guru di sekolah dasar di SDN Mekaraharja II Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan TPACK guru setelah pelatihan, yang ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan integrasi teknologi dalam pembelajaran serta pemahaman guru terhadap konsep pedagogi dan konten. Temuan ini diharapkan menjadi rujukan bagi sekolah dasar lain dalam mengembangkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis teknologi.

References

Ariani. (2015). Teori pembelajaran E-Learning. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan.

Charismiadji, I. (2020, April 1). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-4960969/mengelola-pembelajarandaring-yang-efektif.

Chuang, H., & Ho, C. (2011). An Investigation of Early Childhood Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) in Taiwan. Ahi Evran Üniversitesi Kırşehir Eğitim Fakültesi Dergisi, 12(2), 99–117.

Harris, J., Mishra, P., & Koehler, M. (2009). Teachers’ technological pedagogical content knowledge and learning activity types: Curriculum-based technology integration refrained. Journal of Research on Technology in Education, 41(4), 393–416. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782536.

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2019). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SOSHUM Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298.

Hung-Cheng Tai, Mei-Yu Pan, & Bih-O Lee. (2015). Applying Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) model to develop an online English writing course for nursing students. Nurse Education Today, 35(6), 782-788. Jamridafrizal. (2017). Mempersiapkan Mahasiwa Calon Guru Di Kelas Generasi Digital Native Dengan Teknologi. Jurnal Kajian Kesilaman, 4(2), 151–180.

Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 15–25. Mishra et. al. (2016). Role of Optimism on Employee Performance and Job Satisfaction. Prabandhan Indian Journal of Management, Vol. 9 (6), pp. 35 – 46. DOI : 10.17010/pijom/2016/v9i6/94960. National Council of Teachers of Mathematics [NCTM]. (2008) Algebra and Algebraic Thinking in School Mathematics. Reston, VA:NCTM.

Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method) (Vol. 1, Issue 3). Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14. Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 417–422.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381.

Downloads

Published

2025-03-25
Loading...