Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak menggunakan cergam di Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan

Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak menggunakan cergam di Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan

Authors

  • Muhammad Aprianto Budie Nugroho Universitas Kuningan
  • Erwin Oktoma Universitas Kuningan
  • Yuniarti Yuniarti Universitas Kuningan
  • Yasmin Afifah Universitas Kuningan
  • Nazmi Fathonah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i1.26598

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan minat belajar Bahasa Inggris di kalangan anak-anak di Komplek Perumahan Graha Mutiara, Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dari Universitas Kuningan, dengan dukungan dari Bu Vina Agustiana, M.Pd, pemilik Linggar Course. Pemilihan lokasi program didasarkan pada rekomendasi dari stakeholders setempat. Kegiatan ini dilakukan dalam dua kali pertemuan yang melibatkan anak-anak di lingkungan tersebut. Selama pelaksanaan, antusiasme peserta tampak tinggi, menunjukkan komitmen dan minat yang besar terhadap kegiatan ini. Melalui metode yang interaktif dan menyenangkan, program ini berhasil merangsang motivasi anak-anak untuk membaca dan belajar Bahasa Inggris. Observasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat baca dan kemampuan berbahasa Inggris peserta. Selain itu, orang tua juga melaporkan kepuasan atas perkembangan anak-anak mereka. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang peran serta masyarakat dalam meningkatkan pendidikan anak, dan menekankan pada pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas lokal untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Kata Kunci : Minat baca, Bahasa Inggris, Pengabdian masyarakat, Anak-anak, Linggar Course.

 

References

Agustiana, V., Nugroho, M. A. B., Oktoma, E., Muawanah, A., Yasmin, A., Ramanda, A., ... & Saputra, N. (2024). Pemberdayaan Pendidikan Melalui Pengadaan Buku Bacaan Perpustakaan Desa Jatimulya, Kuningan, Untuk Masa Depan Yang Unggul. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 4(2), 47-52.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis augmented reality untuk mengakomodasi generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 5(6), 780-791.

Desy, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2).

Fitri, N. L., & Istiqlaliyah, H. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 5(2), 122-132.

Hasbih, H., Kadir, S., & Masdul, M. R. (2019). Upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buku cerita di SMP 2 Lakea (satap lakuan) dalam tinjauan pendidikan islam. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1).

Nugroho, M. A. B., & Agustine, S. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SD DAN SMP DI RUMAH BELAJAR GNL DI DESA KERTAUNGARAN. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 6(1), 577-584.

Nugroho, M. A. B., Oktoma, E., Suryana, Y., Hasanah, A., & Nutrian, G. (2024). Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak di Desa Bunder Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Abdimas Siliwangi, 7(1), 41-53.

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118-124.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.

Siwi, E. F., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan buku cegahan IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220-2230.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal curere, 2(2).

Downloads

Published

2025-03-25
Loading...