Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak menggunakan cergam di Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i1.26598Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan minat belajar Bahasa Inggris di kalangan anak-anak di Komplek Perumahan Graha Mutiara, Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Kuningan. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dari Universitas Kuningan, dengan dukungan dari Bu Vina Agustiana, M.Pd, pemilik Linggar Course. Pemilihan lokasi program didasarkan pada rekomendasi dari stakeholders setempat. Kegiatan ini dilakukan dalam dua kali pertemuan yang melibatkan anak-anak di lingkungan tersebut. Selama pelaksanaan, antusiasme peserta tampak tinggi, menunjukkan komitmen dan minat yang besar terhadap kegiatan ini. Melalui metode yang interaktif dan menyenangkan, program ini berhasil merangsang motivasi anak-anak untuk membaca dan belajar Bahasa Inggris. Observasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat baca dan kemampuan berbahasa Inggris peserta. Selain itu, orang tua juga melaporkan kepuasan atas perkembangan anak-anak mereka. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang peran serta masyarakat dalam meningkatkan pendidikan anak, dan menekankan pada pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas lokal untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.
Kata Kunci : Minat baca, Bahasa Inggris, Pengabdian masyarakat, Anak-anak, Linggar Course.
References
Agustiana, V., Nugroho, M. A. B., Oktoma, E., Muawanah, A., Yasmin, A., Ramanda, A., ... & Saputra, N. (2024). Pemberdayaan Pendidikan Melalui Pengadaan Buku Bacaan Perpustakaan Desa Jatimulya, Kuningan, Untuk Masa Depan Yang Unggul. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 4(2), 47-52.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.
Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis augmented reality untuk mengakomodasi generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 5(6), 780-791.
Desy, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2).
Fitri, N. L., & Istiqlaliyah, H. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 5(2), 122-132.
Hasbih, H., Kadir, S., & Masdul, M. R. (2019). Upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buku cerita di SMP 2 Lakea (satap lakuan) dalam tinjauan pendidikan islam. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1).
Nugroho, M. A. B., & Agustine, S. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SD DAN SMP DI RUMAH BELAJAR GNL DI DESA KERTAUNGARAN. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 6(1), 577-584.
Nugroho, M. A. B., Oktoma, E., Suryana, Y., Hasanah, A., & Nutrian, G. (2024). Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak di Desa Bunder Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Abdimas Siliwangi, 7(1), 41-53.
Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118-124.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.
Siwi, E. F., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan buku cegahan IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220-2230.
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal curere, 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).