Kontribusi teknik sipil untuk pendidikan: Revitalisasi dinding serta penyusunan dokumen PBG guna mendukung lingkungan belajar yang nyaman di TK Aba 24

Kontribusi teknik sipil untuk pendidikan: Revitalisasi dinding serta penyusunan dokumen PBG guna mendukung lingkungan belajar yang nyaman di TK Aba 24

Authors

  • Sandi Wahyudiono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Aulia Indira Kumalasari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zamzami Septiropa Universitas Muhammadiyah Malang
  • Azhar Adi Darmawan Universitas Muhammadiyah Malang https://orcid.org/0000-0001-9491-7570

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v8i1.26924

Abstract

Guna memberikan pelayanan pendidikan yang mampu mendukung pembentukan karakter, kemampuan kognitif, serta kemampuan sosial pada anak-anak, tim pengabdi melakukan kegiatan revitalisasi dinding halaman TK ABA 24 Malang serta penyusunan dokumen Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Kegiatan tersebut didasari pada kondisi bangunan sekolah khsusunya pada dinding area halaman bermain yang sudah mengalami kerusakan akibat terpapar kondisi cuaca. Akibatnya, hal tersebut mengurangi estetika serta kenyamanan lingkungan sekolah. Selain itu, belum tersedianya dokumen PBG juga menjadi perhatian mengingta pentingnya kelengkapan dokumen administratif untuk menghindari potensi sanksi di masa depan. Tahapan kegiatan yang dilakukan meliputi survey lokasi mitra untuk mengidentifikasi permasalahan, diskusi dengan pihak sekolah untuk merancang solusi yang tepat, serta melaksanakan revitalisasi fisik serta membuat gambar kerja sebagai bagian dari dokumen PBG. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan dalam memperbaiki didning halaman melalui pengecatan sekaligus melengkapi dokumen PBG yang mencakup siteplan, layout, serta denah. Revitalisasi ini tidak hanya meningkatkan kondisi fisik bangunan, tetapi juga mendukung terciptanya lingkungan belajar yang aman, nyaman m,serta kondusif bagi para siswa.

References

Agus Candra, A. C., & Dinata, S. (2022). Analisis Persetujuan Bangunan Gedung (Pbg) Dengan Menggunakan Aplikasi Simbg Di Dinas Pupr Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2022. Jurnal Perangkat Lunak, 4(3). Https://Doi.Org/10.32520/Jupel.V4i3.2408

Darmawan, A. A., Adibah, A. N., Abadi, K., & Saleh, C. (2021). Pemetaan Batas Lahan Pondok Pesantren Entrepreneur Muhammadiyah Gondanglegi Kabupaten Malang ( Mapping Of Land Boundaries Of The Entrepreneur Muhammadiyah Boarding School Nasional Dengan Milik Pesantren , Sehingga Walaupun Bentuknya Adalah Sebuah Pondok T. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 5(1), 60–68. Https://Doi.Org/10.33366/Jast

Hasanah, U., & Purnama, S. (2024). Jurnal PG-PAUD TRUNOJOYO Peran Bermain Dalam Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini: Studi Kasus Di TK KB Darul Guroba, Desa Wakan, Kecamatan Jerowaru, 11(2), 171–182. Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V11i2.26462

Miratri Absari. (2023). Diskursus Mengenai Peran Arsitek Dalam Penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung Di Kota Mataram. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(1). Https://Doi.Org/10.32315/Jlbi.V12i1.70

Pradewa, G. B., & Hakim, E. A. (2023). Studi Bangunan Gedung Di Dinas PUPR Kota Kediri. Seminar Keinsinyuran Program Studi Program Profesi Insinyur, 3(1). Https://Doi.Org/10.22219/Skpsppi.V3i1.7704

Putra, H. A., Kristianto, R. P., Oktafiana, B., & Andrian, D. (2023). Pemenuhan Alat Bermain Sebagai Arena Penerapan Pembelajaran Anak Pada Area Taman Warga. Jurnal CSDS (Vol. 2).

Rahayuningtyas, M., Ningrum, E., Kusumawardana, H., & Hariadi, W. (2023). Implementasi Kebijakan Persetujuan Bangunan Gedung Oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Di Kabupaten Purbalingga. Wijayakusuma Law Review, 5(2). Https://Doi.Org/10.51921/Wlr.V5i2.253

Rohalia, D. R., & Meilani, L. N. (2023). Implementasi Kebijakan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Suwandi, S., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Kholidin. (2023). Revitalisasi Fasilitas Belajar Anak Usia Dini Dalam Mendukung Tujuan SDG’s Sektor Pendidikan Di Pendidikan Anak Usia Dini. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–20. Https://Doi.Org/10.59891/Jpmgotava.V1i1.4

Widiastuti, K., Susilo, M. J., & Nurfinaputri, H. S. (2020). How Classroom Design Impacts For Student Learning Comfort: Architect Perspective On Designing Classrooms. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 9(3), 469–477. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V9i3.20566

Yanto, D., Kristhy, M. E., & Kristanto, K. (2022). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Sebagai Values of Law Atas Pelayanan Publik Terhadap Implementasi Penerbitan Ijin Persetujuan Bangunan Gedung (Pbg) Dalam Perspektif Azas – Azas Umum Pemerintahan Yang Baik Di Kabupaten Katingan. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jkh.V8i1.44215

Yunitsyna, A., & Toska, A. (2023). Evaluation Of The Visual Comfort And Daylight Performance Of The Visual Art Classrooms. Journal Of Daylighting, 10(1), 117–135. Https://Doi.Org/10.15627/Jd.2023.9

Downloads

Published

2025-03-25
Loading...