Pendampingan implementasi evaluasi media pembelajaran Go Buya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di daerah perbatasan
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v8i2.28326Keywords:
Evaluasi Media Pembelajaran, Media Pembelejaran Go Buya, Daerah Perbatasan, Pendampingan, Kualitas PembelajaranAbstract
Kualitas pembelajaran di daerah perbatasan, seperti di MIS Istiqomah Entikong dan SD 06 Merau, Kalimantan Barat, masih menghadapi berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan akses terhadap media pembelajaran yang inovatif hingga minimnya kemampuan guru dalam mengevaluasi media yang digunakan secara tepat. Salah satu upaya untuk menjawab tantangan ini adalah melalui penerapan model evaluasi media pembelajaran Go Buya (Go Budaya). Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru dalam mengimplementasikan evaluasi media pembelajaran berbasis GoBuya guna meningkatkan efektivitas dan relevansi media yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode menggunakan strategi pendampingan partisipatif melalui pelatihan, praktik lapangan, dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengimplementasikan media evaluasi GoBuya. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap evaluasi pembelajaran serta keterampilan mengaplikasikan GoBuya dalam asesmen. Guru mampu mengintegrasikan media secara kontekstual sesuai karakteristik siswa di perbatasan. Terbentuknya komunitas praktik memperkuat keberlanjutan penggunaan GoBuya. Pendampingan ini juga mengubah pola pikir guru menjadi lebih inovatif, membuktikan bahwa strategi berbasis kebutuhan lokal efektif meningkatkan kualitas evaluasi di wilayah dengan keterbatasan sumber daya.
References
Adimihardja, K., & Hikmat, H. (2003). Participatory research appraisal: dalam Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (E. Dedih, Ed.). Humaniora.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Bahri, S., Lestari, E. T., & Nawawi, N. (2025). Transformasi Pendidikan Digital di Sekolah Perbatasan Indonesia-Malaysia melalui Workshop Literasi AI Menggunakan Human-Machine Friendship Learning Model. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 334–343. https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.172
Cousins, J. B., Shulha, L. M., Whitmore, E., Hudib, H. Al, & Gilbert, N. (2016). How Do Evaluators Differentiate Successful From Less-Than-Successful Experiences With Collaborative Approaches to Evaluation? Evaluation Review, 40(1). https://doi.org/10.1177/0193841X16637950
Daryanto. (2011). Media pembelajaran : peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (1st ed., Vol. 2). Gava Media.
Fernando, S. Y., & Marikar, F. M. (2017). Constructivist Teaching/Learning Theory and Participatory Teaching Methods. Journal of Curriculum and Teaching, 6(1), 110. https://doi.org/10.5430/jct.v6n1p110
Fullan, M. (2020). System change in education. In American Journal of Education (Vol. 126, Issue 4). https://doi.org/10.1086/709975
Gallagher, K. (2023). Transnational teacher educators in internationalised higher education in the Arabian Gulf. Journal of Further and Higher Education, 47(8). https://doi.org/10.1080/0309877X.2023.2212244
Hargreaves, A. (2018). Collaborative Professionalism “When teaching together means learning for all.” Revista Muro de La Investigación, 2(1).
Hargreaves, A., & O’Connor, M. T. (2018). Leading collaborative professionalism. Centre for Strategic Education Seminar Series 274, April.
Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data - Google Books. In Andi (anggota ikapi).
Heinich, N. (2019). Définir la valeur d’un point de vue sociologique. Recherches & Travaux, 94. https://doi.org/10.4000/recherchestravaux.1554
Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan karakter religius, gemar membaca, dan tanggung jawab pada anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan GLASSER, 5(2), 76. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1038
Mawarni, E., Yulianti, Y., & Sulistyowati, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Canva pada Materi Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2660–2671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8184
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Mulyasa, E., & Aryani, W. D. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Era Merdeka Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2). https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.933-944.2022
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. Alfabeta. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid
Nurzannah, & Setiawan, H. R. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sd (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online). Journal of Character Education Society, 3(2), 299–310.
Pranata, A., & Syamsijulianto, T. (2024). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Go Buya di MIS Istiqomah Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/DOI: 10.35878/kifah.v3i1.1196
Pranata, A., & Syamsijulianto, T. (2025a). A Bibliometric Analysis of Educational Games to Teach Cultural Diversity in Elementary Schools (Vol. 1, Issue 1).
Pranata, A., & Syamsijulianto, T. (2025b). Evaluasi Pembelajaran Go Buya di SD 06 Merau Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Prosiding seminar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SNPP) tahun 2024. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/index
Rahmawati, I. S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229
Rahmawati, Y., & Trie Kurniawan, D. (2022). The Development of Flipbook Based on the Addie Model in Science Learning for Elementary School Students. In International Journal of Learning and Instruction (IJLI) (Vol. 4). www.canva.com
Raja, F. D., Suparno, S., & Ngadiso, N. (2022). Students’ Attitude Towards Translanguaging Practice in Indonesian EFL Classes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1149
Richardson, P., Mueller, C. M., & Pihlaja, S. (2021). Cognitive linguistics and religious language: An introduction. In Cognitive Linguistics and Religious Language: An Introduction. https://doi.org/10.4324/9781003041139
Rudi, S., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. In Media Pembelajaran. Cv. Wacana Prima.
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034
Satria, T. G., Sapriya, S., Sa’ud, U. S., Riyana, C., Syamsijulianto, T., & Helandri, J. (2024). Enhancing Learning Outcomes and Creative Thinking through Project-Based Learning Modules in Fourth Grades. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 8(2), 281. https://doi.org/10.20961/ijpte.v8i2.89320
Seels, B. B., & Richey, R. C. (2012). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. In Encyclopedia of the Sciences of Learning.
Setiawan, I., Disman, D., Sapriya, S., & Malihah, E. (2021). The Impact of Self-Efficacy on Training, Leadership Attitudes , and Entrepreneurial Performance: An Empirical Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(10), 0037–0045. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no10.0037
Setyowati, D., & Maulana, A. (2021). Aplikasi Multiplatform Berbasis Budaya Indonesia (BUDI) untuk Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).
Shea, P., Richardson, J., & Swan, K. (2022). Building bridges to advance the Community of Inquiry framework for online learning. Educational Psychologist, 57(3). https://doi.org/10.1080/00461520.2022.2089989
Sumaryanto, Susilowati, S. H., Saptana, Ashari, Suryani, E., & Suryadi, M. (2021). The effects of rural development on main sources of farm households. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 892(1), 012089. https://doi.org/10.1088/1755-1315/892/1/012089
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534
Susilawati, E. N., Suryani, B. V., Lusmayanti, B. S., Azzahra, K. L., & Lola, N. (2025). Program Kreativitas Mahasiswa: Penerapan Metode Vakt Untuk Belajar Siswa Membaca Rendah Di Sdn 35 Cakranegara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 5(1), 31–36. https://doi.org/10.29303/interaktif.v5i1.208
Syamsijulianto, T. (2020a). Media Pembelajaran Mobuya Untuk Pembelajaran Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 10. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.23971
Syamsijulianto, T. (2020b). Penerapan Media Pembelajaran Mobuya pada Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 209. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.449
Syamsijulianto, T. (2022). Inovasi Pembinaan Bahasa Dan Literasi: Vol. I (A. Wijayanto, Ed.; I). Akademia Pustaka. www.akademiapustaka.com
Syamsijulianto, T., Santiana, Asdiana, Elyana, Noviyanti, T., Pujasari, R. S., & et al. (2023). Media Inovasi Pembelajaran. In A. Wijayanto (Ed.), Media Inovasi Pembelajaran (Pertama). Akademia Pustaka.
Syamsijulianto, T., Santiana, & et al. (2024). Edukasi Literasi Bahasa Dan Sastra Untuk Masa Depan. In A. Wijayanto (Ed.), Kajian Problemtika Literasi Budaya Dan Kewargaan Pada Anak Sekolah Dasar Perbatasan Entikong: Vol. I (Pertama, pp. 59–66). Akademia Pustaka.
Syamsijulianto, T., Sapriya, S., Sa’ud, U. S., & Riyana, C. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Go Buya Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 12 Perbatasan Entikong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2), 239–254. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.10607
Wulandari, S., Wijaya, O. D., Laksono, I. T., & ... (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Guru Seni Budaya MTs Se-Kota Malang. … (Jurnal Pendidikan Dan …, 5(1), 82–95. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/7640
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).