PELATIHAN METODE TPR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN KREATIVITAS SISWA DI TINGKAT SMP, DESA JALANCAGAK, KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Dewi Listia Apriliyanti IKIP Siliwangi
  • Cynantia Rachmijati IKIP Siliwangi
  • Anita Anggraeni IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i2p155-165.3269

Keywords:

TPR, bahasa, kreatifitas, siswa

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan bahasa Inggris diberikan di Indonesia kepada siswa diawali dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Karena karakteristik anak-anak sebagai pembelajar berbahasa berbeda dan unik dibandingkan dengan pembelajar dewasa sehingga dibutuhkan metode yang berbeda. Level pendidikan di Desa Jalancagak, Subang yang masih belum merata membutuhkan penyegaran metode pembelajaran, terutama terkait dalam pembelajaran bahasa Inggris Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Penerapan metode TPR untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan kreativitas siswa†ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada para guru TK tentang penerapan metode TPR serta memberikan bekal kemampuan untuk mengajar pada anak usia sekolah dasar. Metode TPR (Total Physical Response) merupakan suatu metode pembelajaran bahasa yang disusun pada koordinasi perintah (command), ucapan (speech) dan gerak (action); dan berusaha untuk mengajarkan bahasa melalui aktivitas fisik (motor). Penyampaian materi pengabdian antara lain meliputi pengertian, manfaat, implementasi dan adaptasi dari metode TPR. Diharapkan para guru bisa menerapkan metode ini dalam kegiatan belajar mengajar sehingga bisa meningkatkan kemampuan berbicara dan kreativitas siswa sekaligus memberikan pengetahuan terkait metode mengajar baik secara konvensional maupun menggunakan teknologi.
Kata kunci: TPR, bahasa, kreativitas, siswa

ABSTRACT
English education is given to students in Indonesia starting at the elementary school level to university level. However, the characteristics of children as language learners are different and unique compared to adult learners therefore different methods are needed. The level of education in Jalancagak, Subang Village which is still uneven requires a refresher in learning methods, especially related to learning English. Community service entitled "The application of the TPR method to improve the ability to speak and creativity of students" aims to provide insight into kindergarten teachers about the application of TPR methods and provide the ability to teach primary school age children. The TPR (Total Physical Response) method is a method of language learning that is structured in the coordination of commands, speeches and actions; and trying to teach language through physical activity (motoric). The materials that were delievered regarding to the understanding, benefits, implementation and adaptation of the TPR method. It is hoped that teachers can apply this method in teaching and learning activities so as to improve students' speaking abilities and creativity while providing knowledge related to teaching methods both conventionally and using technology.
Keywords : TPR, language, creativity, students

Author Biographies

Dewi Listia Apriliyanti, IKIP Siliwangi

English Education Study Program

Cynantia Rachmijati, IKIP Siliwangi

English Education Study Program

Anita Anggraeni, IKIP Siliwangi

English Education Study Program

References

Asher. (2006). Pembelajaran TPR. Diambil dari http://myopera.com.antariksa/blog.

Jalancagak Juara. 2014. Profil Desa Jalancagak. Diakses di: http://desa-jalancagak.blogspot.com/2014/03/profil-desa-kondisi-desa-sejarah-desa.html.

Larsen-Freeman, D. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press.

Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.

Referensi Data Akademik, diakses di: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=021900&level=2)

Richard. J. & Rodgers, T. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. UK: Cambridge University Press.

Sariyati, Ice. (2017). “Efektivitas Penggunaan Metode TPR Dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11 (1), 38—49, ISSN 1907-932X.

Sayd, A., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). “Implementasi Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-Anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupangâ€. Bisman-Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 17—24. ISSN 2477—2801. Diambil dari http://jurnal-pnk.ac.id/index.php/bisman/article/view/244.

Scott, W. A., & Ytreberg. 1990. Teaching English to Children. New York: Longman, Inc.

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles