PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP DI SUBANG

Authors

  • Ula Nisa El Fauziah IKIP Siliwangi
  • Lilis Suryani
  • Trisnendri Syahrizal IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281

Keywords:

Google Classroom, blended-learning, teknologi industri 4.0

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan hal yang selalu digunakan. Di era industri 4.0 guru dituntut memiliki kemampuan yang cukup dalam mengikuti perkembangan teknologi. Pembelajaran yang berfokus kepada proses tatap muka harus sudah diintegrasi dengan blended-learning. Kondisi ini membuat Google sebagai salah satu web tool terbesar memperkenalkan Google Classroom (GC) pada tahun 2014. Adanya GC diharapkan bisa menjadi solusi untuk permasalahan seperti kurangnya jam pelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris ditingkat SMP. Namun sayangnya masih banyak guru yang masih belum mengetahui tentang kebermanfaatan GC. Sehingga melalui pengabdian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang holistik terkait dengan pengunaan GC khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Lebih jauh, pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa yang meliputi kemampuan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Metode pengabdian dilaksanakan ada empat tahapan yaitu: a) tahapan analisis, b) tahapan penyusunan materi , c) tahapan pelaksanaan, dan d) tahapan penyusunan laporan kegiatan. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah semua guru peserta belum mengenal GC, sehingga guru sangat antusias dan tertarik dengan penggunaan GC. Guru mengetahui flatform yang dapat mereka gunakan dalam pembelajaran yang berintegrasi dengan blended learning. Guru dapat lebih mudah untuk mengelola tugas kelas dengan cepat dan memberikan umpan balik kepada siswa secara efektif.  Akan tetapi, fasilitas seperti ketersediaan koneksi yang baik juga harus didukung demi lancarnya penggunaan GC dalam pembelajaran.

Kata kunci: Google Classroom, blended-learning, teknologi industri 4.0

 

ABSTRACT

Technology is always used in teaching and learning process. In industry 4.0, teachers are asked to develop skill in using technology. Learning focuses not only in the classroom but also it should be integrated with blended learning. This situation makes google as one biggest web tool to introduce google classroom (GC) in 2014, GC is expected to be solution to solve the problems such as limitation of time in learning. Unfortunately, many teachers do not know about GC. So, this community services program is expected to help teachers in using GC, especially English teachers. Besides, it is also to improve English language skills, such as listening, speaking, reading, and writing. There are four methods of community services program, they are: a) analysis step, b) material arrangement, c) implementation, d) report. The result of community services shows that all teachers as participants do not know about GC, so they are really excited in using GC. Teachers know GC and they can implement in learning and it can be integrated learning. Teachers are easier to manage the class and help teachers to assess the assignment effectively. Nevertheless, the good connection should be determined to support the implementation of using GC.

Kata kunci: Google Classroom, blended-learning, Industry technology 4.0

 

References

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom : Teachers ’ Perceptions EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM : TEACHERS ’. PRIZREN SOCIAL SCIENCE JOURNAL, 2(2), 1–16.

Fu, J. S. (2013). ICT in Education : A Critical Literature Review and Its Implications Jo Shan Fu. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT, 9(1), 112–125.

Holyes, C., & Lagrange, J.-B. (2010). MAthematics Eduation and Technology-Rethingking the Terrain. (C. Holyes & J.-B. Lagrange, Eds.) (17th ed.). London: Springer.

Husain, N. (2015). What is Language ? English Language Language as Skill. Research Gate, (March), 1–11.

Latif, S. (2016). Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of Computer Application, 148(11), 7–13. Retrieved from https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799-2016911289.

Lorena, C., & Sadiku, M. (2015). The Importance of Four Skills Reading , Speaking , Writing , Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies April, 1(1), 29–31.

Lotherington, H. (2004). What Four Skills Redefining Language and Literacy.pdf. TESL Canada Journal.

Megahantara, G.S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryani, A. (2010). ICT in Education: Its Benefits, Difficulties, and Organizational Development Issues. Jsh Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 106–123.

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles