PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR DENGAN TEMA “PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION MENGGUNAKAN BARANG BEKAS” PADA GURU SEKOLAH DASAR BANTARAN SUNGAI CITARUM

Authors

  • Sylvia Rabbani Rabbani IKIP SILIWANGI
  • Sukma Murni PGSD IKIP Siliwangi
  • Heris Hendriana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i2p140-146.3282

Keywords:

RME

Abstract

Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian yang inovatif melalui pendampingan bagi guru-guru SD dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas guru SD di Dayeuh Kolot melalui hasil-hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman dan penyusunan bahan ajar dengan tema “Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Barang Bekas†pada guru SD Bantaran Citarum; (2). Meningkatkan minat pemahaman dan penyusunan bahan ajar dengan tema “Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Barang Bekas†pada guru SD Bantaran Citarum. Metode pelaksanaan dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). perizinan terhadap Dinas setempat terkait pengabdian terhadap guru-guru SD; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (d). Melakukan kolaborasi dengan ahli dalam menyusun bahan ajar dengan tema “Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Barang Bekas†pada guru SD Bantaran Citarum, (e). Pelaksanaan kegiatan pendampingan ; (f). Evaluasi kegiatan pendampingan, (f) Penarikan kesimpulan pelaksanaan pendampingan, dan (g) Publikasi luaran pengabdian.

Kata Kunci: Pendampingan, Bahan Ajar, Realistic Mathematics Education.

 

References

Chotimah, S. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi serta Self Confidence Matematik Siswa SMA Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Tesis STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak diterbitkan.

Mulyasa. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Murni, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Resiliansi Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Cimahi melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Tesis. STKIP Siliwangi: Tidak diterbitkan.

Rahayu GDS dan Setiyadi R. (2018). Effect of teaching material Bikin Dongeng Yuk! learning outcomes of class V primary school. PrimaryEdu, 109-116.

Rahayu dan Firmansyah. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 17-25.

Sucipto, C. D. S. 2012. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah, Yogyakarta: Gosyen publising

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles