PROGRAM PENDAMPINGAN DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS ECOLITERACY BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Hana Sakura Putu Arga IKIP Siliwangi
  • Galih Dani Septiyan Rahayu IKIP Siliwangi
  • Ronny Mugara IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v2i2p122-128.3327

Keywords:

pendampingan, bahan ajar, ecilteracy

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kabupaten Bandung barat dengan tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran dengan pendampingan berbasis ecoliteracy di lingkungan Sekolah Dasar (SD). Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman guru terkait dengan bahan ajar; (2). Meningkatnya pemahaman guru dalam membuat dan mengembangkan bahan ajar berbasis; dan 3). Tersedianya bahan ajar berbasis ecoliteracy di SD. Metode yang akan dipakai dalam upaya pencapaian tujuan tersebut memalui pendampingan yang langkah-langkahnya terdiri dari: (1). mengkaji ecoliteracy; (2). Mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat bahan ajar; (3). Melakukan pendampingan bahan ajar berbasis ecoliteracy; (4). Melakukan refleksi dan terkait proses pendampingan; (d). Evaluasi kegiatan pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis ecoliteracy. Hasil dari pengabdian ini yaitu tersedianya bahan ajar berbasis ecoliteracy.

References

Arga, H. S. (2018). Aplication Of Project Based Learning Models To Improve Ecoliteracy Of Elementary School Students Through Urban Farming Activities. PrimaryEdu, 95-101.

Capra. (1995). The web of life. New york: Harper Collins.

Mulyasa. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rahayu dan Firmansyah. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 17-25.

Rahayu GDS dan Setiyadi R. (2018). Effect of teaching material Bikin Dongeng Yuk! learning outcomes of class V primary school. PrimaryEdu, 109-116.

Rahayu, G. D. (2018). Penerapan model projec citizen dalam upaya meningkatkan kecerdasan ekologis. Mimbar Sekolah Dasar, 31-42.

Stone dan Barlow. (2005). Ecological literacy: educating our children for a sustaianable world. San Faransisco: Siera club book.

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles