PROGRAM PENDAMPINGAN DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS ECOLITERACY BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v2i2p122-128.3327Keywords:
pendampingan, bahan ajar, ecilteracyAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kabupaten Bandung barat dengan tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran dengan pendampingan berbasis ecoliteracy di lingkungan Sekolah Dasar (SD). Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman guru terkait dengan bahan ajar; (2). Meningkatnya pemahaman guru dalam membuat dan mengembangkan bahan ajar berbasis; dan 3). Tersedianya bahan ajar berbasis ecoliteracy di SD. Metode yang akan dipakai dalam upaya pencapaian tujuan tersebut memalui pendampingan yang langkah-langkahnya terdiri dari: (1). mengkaji ecoliteracy; (2). Mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat bahan ajar; (3). Melakukan pendampingan bahan ajar berbasis ecoliteracy; (4). Melakukan refleksi dan terkait proses pendampingan; (d). Evaluasi kegiatan pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis ecoliteracy. Hasil dari pengabdian ini yaitu tersedianya bahan ajar berbasis ecoliteracy.
References
Arga, H. S. (2018). Aplication Of Project Based Learning Models To Improve Ecoliteracy Of Elementary School Students Through Urban Farming Activities. PrimaryEdu, 95-101.
Capra. (1995). The web of life. New york: Harper Collins.
Mulyasa. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Rahayu dan Firmansyah. (2018). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 17-25.
Rahayu GDS dan Setiyadi R. (2018). Effect of teaching material Bikin Dongeng Yuk! learning outcomes of class V primary school. PrimaryEdu, 109-116.
Rahayu, G. D. (2018). Penerapan model projec citizen dalam upaya meningkatkan kecerdasan ekologis. Mimbar Sekolah Dasar, 31-42.
Stone dan Barlow. (2005). Ecological literacy: educating our children for a sustaianable world. San Faransisco: Siera club book.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).