PELATIHAN PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS DI KECAMATAN JALAN CAGAK KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Evie Kareviati
  • Rasi Yugafiati IKIP Siliwangi
  • Setya Resmini IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3375

Keywords:

game, educational tool, flash card, English teachers, writing skill

Abstract

Seperti diketahui bersama bahwa kebutuhan peserta didik di SMP adalah untuk lulus UN, sehingga para guru bahasa Inggris tidak terlalu fokus pada keterampilan menulis. Target khusus yang diharapkan adalah para guru bahasa Inggris dapat merasakan manfaat dari Flash Card (kartu kata) sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) pada pembelajaran keterampilan menulis. Metode pengabdian ini melalui beberapa tahapan yaitu : a) tahap analisa, b) tahap perancangan dan pengembangan konten, c) tahap pelaksanaan  dan d) tahap pelatihan. Tahap pelaksanaan pengabdian ini adalah memaparkan tentang pentingnya APE dalam pengajaran menulis. Kemudian dilanjutkan dengan membagi para guru bahasa Inggris dalam sepuluh kelompok dengan tujuan agar mereka mencoba membuat APE menggunakan bahan yang sudah tersedia. Selanjutnya, dilaksanakan workshop menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat di sekitar. Untuk menunjukkan hasil dari pengabdian dalam khalayak penggiat ilmu, maka dilakukankan pembuatan jurnal dan publikasi ilmiah. Setelah merasakan manfaatnya, diharapkan mereka dapat mengaplikasikan dalam pengajaran writing. Hasil yang tampak dari pengabdian ini adalah para  guru memiliki motivasi yang lebih tinggi manakala mengetahui bahwa metode mengajar bisa lebih variatif dengan cara berkreasi menggunakan bahan yang mudah didapat menjadi sebuah media atau alat permainan edukatif seperti kartu kata atau flash cards.  

 

Kata Kunci : game, APE, Flash Card, guru Bahasa Inggris, keterampilan menulis

References

Fadila, S. F. (2015). Improving Students' Writing Skill in Narrative Text Through Movies. 2015: Syarif Hidayatullah State Islamic University (Unpubished).

Hidayati, I. N. (2015). Improving English Writing Skills Through Board Games for Grade X Students in Semester 1 of SMA Negeri 1 Pengasih in the Academic Year of of 2014/2015. Yogyakarta: Yogyakarta State University (Unpublished).

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flash cards dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Unversitas Garut Vol.04, No. 01 hal 10-18 ISSN. 1907-932X

Lewis, J. (2017). The Advantages of Flash cards in https://classroom.synonym.com. Retrieved at August, 30, 2019.

Muhsin. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Pengembangan Modul di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulteng. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 1(2) Maret 2018 hal.79-89 ISSN. 2598-7984 (cetak), ISSN. 2598-8018 (online).

Nurmala, A. (2014). Penggunaan Metode Permainan dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Surabaya: Program Studi Magister Psikologi (SAINS) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unpublished).

Puspitasari, E. Y. (2014). The Use of Picture Series to Improve the Writing Skills of Tenth Grade Students of SMA N 1 Srandakan in Writing Narative Texts in THe Academic Year of 2013/2014. Yogyakarta: Yogyakarta State University: Unpublished.

Ramadani, S. A. (2013). Improving Students' Writing Ability in Writing Descriptve Texts Through Field Trip at SMA N 1 Godean. Yogyakarta: English Language Education Department Faculty of Language and Arts State University of Yogyakarta (Unpublished).

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat . Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI - Vol. 10, No. 2, Desember 2015, 67-76.

Setia, L. D., & Lestariningsih, T. (2018). Pelatihan Karya Tulis Bagi Guru Non Formal (PKBM Kelurahan Kertosari Ponorogo). ISSN: 2581-1932. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. No. 01, Mei tahun 2018, 1-6.

Widya, Yuliana T.I., Sofiani, Y. 2018. Pengajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan media Realia dan Flash card. Jurnal PKM: Pengabdian pada Masyarakat p-ISSN 2614-574X, e-ISSN 2615-4749. Vol. No. 01. Januari 2018 hal 39-47

Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan , Vol. 28. No. 1 April 2014, 8-16.

Zuharty, Iskandar, I., & Budiarti, E. (2010). Learners' Needs and Curriculum Demands of English (A Case Study of PackageC Program at PKBM). Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol 5, NO. 1, Juni 2010, 40-46.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles