PENYULUHAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS CHILD CENTER PADA PENDIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA PURWAKARTA

Authors

  • Rita Nurunnisa IKIP SILIWANGI
  • Lenny Nuraeni IKIP SILIWANGI
  • Andrisyah Andrisyah IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3393

Keywords:

counseling, child-friendly school, competence, pedagogic, child center.

Abstract

ABSTRAK
Sekolah adalah pusat peradaban, tempat dimana anak-anak belajar bagaimana hidup di dunia, salah satu tempat berlangsungnya pendidikan. Profesi guru sebagai bagian penting dari pendidikan, dimana guru adalah pencetak nusa bangsa. Salahsatu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik. Guru yang berkompeten menyadari dan memahami bahwa anak adalah pusat belajar, dimana anak sebagai subyek dalam proses pendidikan itu sendiri. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui penyuluhan sekolah ramah anak yang ditujukan kepada 150 guru dan kepala sekolah dari TK (Taman Kanak-kanak) yang ada di sekitar kabupaten Purwakarta. Kegiatan penyuluhan  ini dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan rencana tindak lanjut. Hasil dari penyuluhan memberikan pemahaman kepada guru jika proses belajar itu bukan hanya  bagaimana guru mengajar tapi bagaimana peserta didik belajar, terutama dalam pembelajaran berbasis child center. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik tentunya mampu menganalisis kebutuhan siswanya belajar, menfasilitasi anak untuk mengeksplorasi pengetahuan serta menyelesaikan masalahnya sendiri melalui kegiatan belajar yang berpusat pada anak.
Kata Kunci: penyuluhan, sekolah ramah anak, kompetensi, pedagogik, berpusat pada anak.
 
ABSTRACT
School is the center of culture, a place where children learn how to live in the world, one of the places where education takes place. Teacher profession as an important part of education, where teachers are the educators who teach the next generation better. One of the competencies that teachers must possess is pedagogical competence. Competent teachers realize and understand that children are the center of learning, where children as subjects in the educational process itself. This community service is carried out through child-friendly school counseling aimed at 150 teachers and school principals from Taman Kanak-Kanak/TK (kindergarten) around the city of Purwakarta. This counseling activity starts from the stages of planning, implementation, evaluation and follow-up plans. The results of counseling provide understanding to teachers if the learning process is not only how teachers teach but how students learn, especially in child center-based learning. Teachers who have pedagogical competencies are certainly able to analyze the needs of their students to learn, facilitate children to explore knowledge and solve their own problems through child-centered learning activities.
Keywords: counseling, child-friendly school, competence, pedagogic, child center.

References

Depdiknas, (2003). Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Eriefa, Efianingrum. (2009). Mengurai Akar Kekerasan (Bullying) di Sekolah. Jurnal Dinamika. Dosen FSP FIP UNY.

Gumulya D & Adiputra R (2018). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat: Perancangan Sarana Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Sekolah Cahaya Al-Furqon, Desa Gunung Sari Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Seminar Nasional Hasil PKM LPM Universitas Pasundan. ISBN :978-602-0942-25-4

https://geonable.wordpress.com/konsep pelatihan dan pengembangan

Iskandar Uray (2015). Blingsatan Suatu Strategi Dalam Peningkatan Kemampuan Guru Menulis PTK. Yogyakarta: PT Andi.

Kamila, I. N. (2017). Perbedaan Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak. Tunas Siliwangi, 3(1), 38–56.

Nuraeni, L. (2016). Desain Paud Accessible Bagi Semua Lenny Nuraeni. Tunas Siliwangi, 2(1), 78–91.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34.

Sujiono, Yuliani Nurani Sujiono. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Pt Indeks.

Suryana, D. (2017). Pendekatan Saintifik Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(April), 67–82. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.111.03

Witarsa, R. (2015). Pengembangan Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam. Tunas Siliwangi, 1(1), 46–62.

Tim Penyusun. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 Mengenai Standar Nasional Paud. Jakarta; Kemendikbud.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles