PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Galih Dani Septiyan Rahayu IKIP SILIWANGI
  • Dida Firmansyah IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Keywords:

Pembelajaran inovatif dan pendampingan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu menjadi suatu kewajiban bagi setiap dosen dan sivitas akademika lainnya untuk terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat. Tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif berbasis pendampingan bagi guru-guru Skolah Dasar (SD). Secara khusus, tujuan khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Memberikan penjelasan tentang model-model pembelajaran yang dapat digunakan di SD; (2). Memberikan penjelasan tentang cara menyusun perencanaan pembelajaran atau RPP sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan; (3). Memberikan penjelasan tentang pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Metode yang akan dipakai dalam upaya pencapaian tujuan tersebut memalui pendampingan yang langkah-langkahnya terdiri dari: (a). Mengumpulkan guru-guru SD se-Kecamatan Cipendeuy; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai model pembelajaran inovatif; (d). Pelaksanaan kegiatan pendapingan tentang model pembelajaran inovatif bagi guru-guru SD; (e). Evaluasi kegiatan pendampingan model pembelajaran inovatif.

References

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Zuhdan, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. (1980). Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-10-22

Issue

Section

Articles