PENGEMBANGAN SELF ACCESS CENTER (SAC) UNTUK MEMFASILITASI ANAK PUTUS SEKOLAH PADA USIA PENDIDIKAN DASAR DI KECAMATAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v1i1p26-34.37Keywords:
Self Access Center, Anak Putus Sekolah, Pendidikan DasarAbstract
Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan Self Access Center(SAC) untuk menfasilitasi anak putus sekolah usia pendidikan dasar di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapaisebagai berikut: (1). Memfasilitasi anak-anak putus sekolah yang berada pada usia pendidikan dasar agar tetap dapat belajar secara aman dan nyaman; (2). Memberikan layanan-layanan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak-anak putus sekolah pada jenjang pendidikan dasar; (3) Membangun sinergi baik dengan orangtua dan sekolah agar anak-anak putus sekolah tersebut bisa kembali ke bangku sekolah. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). Mengumpulkan anak-anak putus sekolah usia pendidikan dasar se-Kecamatan Cipatujah; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan yang akan dilakukan di Self Access Center; (d). Melakukan kolaborasi dengan masyarakat sekitar dalam penentuan lokasiSelf Access Center; (e). Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Self Access Center; (f). Evaluasi kegiatan Self Access Center.
References
Ahsanuddin, Mohammad. (2006). Media Pembelajaran. Tersedia: http://www.edukasi.net/artikel/index.php?id=83. (20 Agustus 2008)
Armstrong, Michael. (2007). Seri Pedoman Manajemen: Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia, Jakarta.
Chang, Richard Y dan Mark J Curtin. (1998). Membangun Tim Mandiri. PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.
Nolen, S. B. (2003). Learning environment, motivation, and achievement in high school science. Journal of Research in Science Teaching, 40, 347-368.
Spitzer, D. R. (1996). Motivation: The neglected factor in instructional design. Educational Technology, 36(3), 45-49).
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).