PEMBINAAN HOME MARKETING MODEL BERBASIS ONLINE BAGI KELOMPOK PENGRAJIN SONGKET DALAM UPAYA KETAHANAN EKONOMI DAN KEBERDAYAAN KELUARGA DI DESA BURAI OGAN ILIR

Authors

  • Evy Ratna Kartika Waty Universitas Sriwijaya
  • Shomedran Shomedran
  • Yanti Karmila Nengsih
  • Mega Nurrizalia

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6283

Keywords:

Pembinaan, Pemasaran Berbasis Online, Pengrajin Songket, Ketahanan Ekonomi Keluarga

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi masyarakat tentang pemasaran online produk Usaha Mikro Kecil Menengah bagi pengrajin tenun songket di Desa Burai Ogan ilir Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik sederhana, kegiatan dilakukan secara tatap muka langsung. Peserta kegiatan adalah ibu-ibu yang memiliki usaha rumahan tenun songket dengan jumlah 23 orang. Adapun tahapan kegiatan yaitu pemberian pre test, dilanjutkan pemaparan materi dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kemudian ditutup dengan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan lancar, meskipun keterbatasan masa pandemi. Peserta cukup antusias menghadiri dan mengikuti kegiatan, menyimak pemaparan materi dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan presentase pemahaman peserta yang meningkat sebelum kegiatan dan sesudah kegiatan, meskipun sebagian peserta masih ada yang belum memiliki media sosial. Dengan pemahaman peserta terhadap pentingnya pemasaran online terutama masa pandemi sangat diperlukan, diharapkan pemasaran produk yang dihasilkan akan lebih meningkat untuk ketahanan ekonomi dan keberdayaan keluarga setempat.

References

Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.Cet. Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Florita, Aina, dkk. (2018). Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang. JMIAP: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 143-153.

Mulyawan, R. (2016). Masyarakat, Wilayah dan Pembangunan. Sumedang: UNPAD Press.

Prasetyo, D. W. (2018). Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Konveksi Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung-Jombang. Comvice: Journal of community service, 2(1), 9-14.

Sri, Handini. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan UMKM Di Wilayah Pesisir. Surabaya: Scopindo Media Puataka.

Tiktik, S. P., & Abd. Rachman, Soejoedono. (2004). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tim Desa Burai. (2020). Data Profil Desa Burai Tahun 2020. Burai: Kantor Desa Burai

Tulus T. H Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES

Tulus T. H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro).

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles