PEMANFAATAN APLIKASI WEB EDGIV UNTUK MENDUKUNG PROGRAM VOLUNTARY TEACHING DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Raditya Muhammad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Iqbal Ardimansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hendriyana Hendriyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yayang Furi Furnamasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6480

Keywords:

Aplikasi Web, EDGIV, Relawan Mengajar, Sistem Belajar Mengajar,

Abstract

Pemerataan pendidikan merupakan salah satu permasalahan yang ada di Indonesia. Akses terhadap pendidikan yang berkualitas belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat yang tidak mampu. Selain menjadi tanggung jawab pemerintah, hal ini juga merupakan tanggung setiap warga negara indonesia. Sebagai wujud kesadaran masyarakat, kini sudah banyak berdiri berbagai bentuk relawan mengajar (voluntary teaching) berupa yayasan maupun komunitas sosial yang bergelut dalam bidang pendidikan seperti Indonesia Mengajar, Akademi berbagi, Mataharikecil Indonesia, dan masih banyak lagi.  Berdasarkan observasi dilapangan bahwa tidak semua relawan berlatar belakang bidang pendidikan. Tidak terbiasanya relawan dalam mendidik memberi pengaruh langsung terhadap kualitas pengajaran yang diberikan kepada peserta didik, karena para relawan pengajar tidak memahami keilmuan dalam menyusun pembelajaran yang sistematis, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Hal ini dapat berdampak langsung terhadap kualitas pengajaran yang diberikan kepada siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya program  pelatihan bagi para relawan pengajar dengan memanfaatkan aplikasi web EDGIV untuk mendukung kegiatan mengajar yang terstruktur dan sistematis yang dapat diakses di mana pun dan dari perangkat apa pun. Pelatihan dilakukan kepada relawan mengajar (voluntary teaching) dari komunitas Mataharikecil di Kota Bandung. Didapat hasil bahwa relawan pengajar mendapat hasil manfaat dari aplikasi berbasis web EDGIV sebagai sarana pendukung dalam sistem belajar mengajar.

Author Biographies

Raditya Muhammad, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Mochamad Iqbal Ardimansyah, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Hendriyana Hendriyana, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Yayang Furi Furnamasari, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

References

Hutapea., Bonar & Fransisca Iriani. R. D. 2012. Peran Kebermaknaan Hidup dan Kepemimpinan Melayani Terhadap Kepuasan Hidup Sukarelawan Lembaga Swadaya Masyarakat. Jurnal Psikologi: INSAN Vol. 14 No. 3. Desember 2012

Idrus, M. (2012). MUTU PENDIDIKAN DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN DI

DAERAH. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603

Janner, Simarmata. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak. . Yogyakarta : Andi Offset.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] http://kbbi.web.id/

Nugroho, Adi. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta : Andi Offset.

Rusyanto, Y. (2019). Indonesia Masih Menghadapi Masalah dalam Pendidikan. Siedoo.Com. https://siedoo.com/berita-22005-indonesia-masih-menghadapi-masalahdalam-pendidikan/

Suparlan. (2017) Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, Pub. L. No. 20 (2003).

https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/UU_20_2003.pdf

Puteri Noviandhiny. (2018) Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Berbasis Web pada Apotek Neofarma Sanggau. Jurnal Sistem dan teknologi Informasi : JUSTIN Vol. 6, No. 3, Juli 2018.

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles