PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN LESSON PLAN DALAM PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-MAARIF KUNINGAN

Authors

  • Riza Zahrah perjuangan University
  • Fajar Nugraha Perjuangan University
  • Hatma Heris Mahendra Perjuangan University
  • Dudung Suryana

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2.6701

Keywords:

lesson plan, media audio visual

Abstract

Dibawah naungan yayasan Tumenggung Argawijaya berdiri sebanyak tiga lembaga pendidikan yaitu PAUD Al-Ma’arif, TPA/TKA Al-Ma’arif dan DTA Al-Ma’arif. Jumlah pengajar tetap di yayasan ini adalah 25 orang dengan latar belakang pendidikan tertnggi S-2 satu orang, S-1 sebanyak 8 orang, D-II sebanyak 6 orang dan SLTA sebanyak sepuluh orang. Dikarenakan keterbatasan jumlah pengajar dan beragamnya latar belakang dan bidang pendidikan, ada beberapa pengajar yang mengajar merangkap di dua lembaga pendidikan, misalnya pagi mengajar di PAUD, sorenya mengajar di MDTA. Jumlah peserta didik dari tiga lembaga pendidikan adalah 224 siswa. Inovasi dan kreatifitas masih rendah yang berimplikasi pada proses penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berlangsung , seperti kemampuan merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) dan penggunaan media audio visual.

References

Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatika, 1(2), 35–42. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182

El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Khotimah, R. P., & Masduki, M. (2016). Improving Teaching Quality and Problem Solving Ability Through Contextual Teaching and Learning in Differential Equations: A Lesson Study Approach. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1791

Nelissen, J. M. . (1999). Thinking skills in realistic mathematics. Teaching and learning thinking skills. 1981, 189–213. https://core.ac.uk/download/pdf/93015312.pdf

Pena, E. V., Bensimon, E. M., & Colyar, J. (2006). Learning toThink and Act. Liberal Education, 48–55.

Suryawati, E., Osman, K., & Meerah, T. S. M. (2010). The effectiveness of RANGKA contextual teaching and learning on student’s problem solving skills and scientific attitude. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1717–1721. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.389

Zahrah, R. F., Nugraha, F., Mahendra, H. H., & ... (2020). Sosialisasi Kompetensi Guru Dan Penggunaan Masalah Kontekstual Dalam Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Al-Ma’Arif Kuningan. Journal of …, 2(1), 97–104. https://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/view/352

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles