PEMBELAJARAN LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN INOVASI GURU DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Aflich Yusnita Fitrianna IKIP Siliwangi
  • Anik Yuliani IKIP Siliwangi
  • Devi Nurul Yuspriati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6753

Keywords:

Pembelajaran Lesson Study, Inovasi Pembelajaran

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru-guru dalam pembelajaran Lesson Study di Desa Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Metode yang akan dipakai dalam penyuluhan ini adalah pelatihan/workshop. Populasi yang akan mendapatkan pelatihan ini adalah guru MA Di Kabupaten Bandung Barat. Pengabdian ini akan dilaksanakan selama 3 bulan dari awal perencanaan penyuluhan sampai dengan menyerahkan laporan pengabdian. Dua tahap dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu, 1) pemberian penyuluhan tentang pembelajaran dengan menggunakan Lesson Study sehingga guru-guru mendapatkan materi pembelajaran Lesson Study. 2) Pemberian workshop/latihan dalam pembelajaran Lesson Study baik dari perencanaan  pembelajaran, melihat proses pembelajaran dengan menggunakan Lesson Study dan guru-guru menjadi observer pembelajaran sampai dengan  pengevaluasian pembelajaran.

References

Hasibuan. (2017). Peran Guru dalam Pendidikan. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/peran-guru-dalam-pendidikan.pdf.

Nuryanta, N. (2016). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118. https://doi.org/10.20885/millah.volxiv.iss2.art5

Santoso, E. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Kegiatan Lesson Study di Universitas Majalengka. Bernas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.4324/9781315630243-10

Stepanek. (2003). Researchers in Every Classroom. 4(3), 2–5.

Susilo. (2005). Lesson Study: Apa dan Mengapa. Makalah pada Seminar dan Workshop Lesson Study dalam rangka persiapan Kolaborasi FMIPA MGMP MIPA SMP dan SMA.

Tedjawati, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 480. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.43

Zubaidah. (2010). Lesson Study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesionalisme Guru. https://www.researchgate.net/publication/318040478_lesson_study_sebagai_salah_satu_model_pengembangan_profesionalisme_guru_1

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles