PELATIHAN “TIPS DAN TRIK MENDAPATKAN SKOR TINGGI DALAM TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION (TOEIC)” DI SMK ASSALAM KOTA BANDUNG

Authors

  • Isry Laila Syathroh IKIP Siliwangi
  • Evi Karieveti

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6774

Keywords:

TOEIC, skor, pekerjaan, SMK

Abstract

Salah satu target lulusan  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah kesiapan untuk bekerja. Mereka bisa bekerja dengan cepat dari keterampilan yang dimilikinya sejak duduk di bangku sekolah. Kemudahan mendapat pekerjaan ini tentu harus ditopang dengan kemampuan berbahasa asing temasuk Bahasa Inggris dan salah satu sertifikasi kemampuan Bahasa asing yang diakui secara internasional adalah TOEIC atau Test of English for International Communication. Melihat pentingnya penguasaan TOEIC ini, dan ternyata di sekolah hal ini belum menjadi mata pelajaran tersendiri, maka untuk itulah pengabdian masyarakat ini dilakukan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Assalam Cibaduyut kelas XII yang diikuti oleh 30 orang siswa. Dalam pelaksanaanya, ada dua tahap, yaitu: 1) Tahap Introduction, yaitu pengenalan tentang apa itu TOEIC, apa tujuan TOEIC, bagaimana jenis soalnya dan apa saja tips mengerjakan soalnya, 2) Tahap Simulasi, dimana siswa mencoba mengerjakan soal-soal TOEIC dan dibahas jawabannya bersama-sama.

 

References

Damayanti, L. & Gafur, A. (2020). English proficiency of students at Politeknik Negeri Balikpapan based on TOEIC. Jurnal Teknosastik Vol.18 (1), 2020. ISSN 2656-6842.

Educational Testing Service . (2015a). Examinee handbook – Listening & reading. Retrieved from: www.ets.org/Media/Tests/TOEIC/pdf/TOEIC_LR_examinee_handbook.pdf. Google Scholar

Educational Testing Service . (2016a). Examinee handbook– Speaking & writing. Retrieved from www.ets.org/Media/Tests/TOEIC/pdf/TOEIC_Speaking_and_Writing_Examinee_Handbook.pdf. Google Scholar

Hsieh, Ching-Ni. (2017). The Case of Taiwan: Perceptions of College Students About the Use of the TOEIC ® Tests as a Condition of Graduation: TOEIC ® Tests as a Condition of Graduation. ETS Research Report Series. 2017. 10.1002/ets2.12179.

Hughes, Arthur. (2003). Testing for language teachers: Cambridge: Cambridge University Press.

Lin, Lougheed. (2005). Longman preparation series for the TOEIC test. Pearson Education Inc, White Plains

Powers, D. E. and Powers, A. (2015). The incremental contribution of TOEIC® listening, reading, speaking, and writing tests to predicting performance on real-life English language tasks. Language Testing, 32, 151–167.

Robb, T. N. & Ercanbrack, J. (1999). A study of the effect of direct test preparation on the TOEIC scores of Japanese university students. TESL-EJ Journal, Vol.3, No.4.

Suminto (2010). Karya Ilmiah Polnes. JURNAL EKSIS Vol.6 No.2, Agustus 2010: 1440 – 1605.

https://www.smkibnutaimiyah.sch.id/blog/5-kelebihan-dan-tujuan-masuk-smk-untuk-masa-depan/

https://www.suara.com/pressrelease/2020/10/26/144810/pentingnya-sertifikat-toeic-bagi-siswa-smk-bermanfaat-untuk-lamar-kerja?page=all

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles