PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PADA UKM PRODUK KRUPUK WIJEN DI DESA MATEGAL

Authors

  • Ramadhan Prasetya Wibawa Universitas PGRI Madiun
  • Samsur Rizal Muhtar Universitas PGRI Madiun
  • Veronika Cindy Mei Tika Sari Universitas PGRI Madiun
  • Suci Dina Riska
  • Damayanti Damayanti

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6824

Keywords:

Pelatihan, Pendampingan, UKM, Krupuk Wijen

Abstract

Usaha Kecil Menengah sektor industri makanan dan minuman yang terdapat di Desa Mategal, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan salah satunya adalah Krupuk wijen atau Singkong Wijen merupakan produk lokal berbahan dasar singkong. Produk ini sudah mulai diminati masyarakat, tetapi kendala yang dihadapi dan masukan dari pembeli adalah karena usaha ini sifatnya rumahan sehingga dalam produksi krupuk sedikit, dikarenakan SDM yang membantu terbatas, pengemasan masih konvensional dengan bentuk kemasan bening, varian rasa yang ada masih original, pemasaran yang masih dalam lingkup lokal. Tujuan abdimas ini adalah untuk membantu meningkatkan mutu produk dan pemasarannya. Metode pelaksanaan dengan melalui pemberian pelatihan dan pendampingan . Hasil pengabdian masyarakat ini adalah melalui tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaa, tahap rencana tindak lanjut mampu memberikan kesadaran bagi pelaku UKM Singkong Wijen bahwa pentingnya mutu produk dengan memperhatikan kualitas produk yang dikemas menarik, dan menjalin kerjasama pemasaran secara online dengan marketplace dan online shop. Upaya tindak lanjut selanjutnya akan upaya alih teknologi dan membantu pendampingan pengajuan PIRT

References

Damayanti, C. (2015). Packaging The Brand. Modul pelatihan. Rumah Kemasan Bandung

Firzan, M. (2015). Modul Pelatihan Branding Untuk Usaha Kecil Menengah. Modul. Rumah Kemasan Bandung

Hasan, A. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan.

Hermawan, L. (2015). Strategi Diversifikasi Produk Pangan Olahan Tahu Khas Kota Kediri. Jurnal Jibeka, 9(2), 26-32.

Maksindo. Peluang Bisnis Keripik Singkong dan Analisa Usahanya. Dikutip tanggal 19 April 2019 dari: http://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-keripik-singkong-dan-analisa-usahanya.html

Mullins, J. W., Walker, O. C., Boyd, H. W., & Larréché, J. C. (2013). Marketing management: A strategic decision-making approach. New York: McGraw-Hill.

Nurhartadi, Edhi., Muhammad, A.R.D. & Nursiwi, Asri. (2016). Pemberdayaan UKM Kerupuk Singkong Melalui Diversifikasi Produk. Jurnal UNS Vol. IV No.2 hal 97-107.

Nofalia, Ike S.Kom.2018, 2 Juni. Panduan Lengkap Mengurus Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Dikutip tanggal 19 April 2019 dari: https://www.finansialku.com/surat-izin-usaha-mikro-kecil/

Rakib, Muhammad & Alyas. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros Di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora, Volume 19 No. 2, Hal 114 –

Rofieq, M., Poerwanto, Andi., Budiyanto, Hery. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk untuk UMKM Kerajinan, Kuliner dan Posdaya. Jurnal Abdimas Vol 2, Nomor 2, Desember 2017. Unmer Malang

Tarunajaya, W. B. (2020). Buku Panduan Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Berbasis Pendampingan (Kerjasama Kemenparekraf, Kemendes PDTT dan Perguruan Tinggi). Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (www.bi.go.id)

Widyastuti, NW., Winangsi, Rahmi. (2018). Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Mikro melalui Desain Kemasan Kelompok Usaha Produsen dan Retailer Makanan “Kue Subuhâ€. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. Volume 4, Nomor 1, Halaman 17-25. Juni 2018.

Zen, Zayyinul Hayati., dkk. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri Vol 1 No 2 November 2017.

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

Articles