PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMP&SMA SE-KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

Authors

  • Silpia Rahayu IKIP Siliwangi
  • Ratih Inayah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6838

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Google Classroom kepada guru SMP dan SMA di Kecamatan Lemahsugih Majalengka ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan efektifitas pembelajaran, serta membuat media belajar menjadi lebih variatif guna  meningkatkan minat siswa dalam belajar daring. Pelatihan ini dilaksanakan secara langsung di Kecamatan Lemahsugih dengan 30 guru SMP dan SMA sebagai peserta pelatihan. Protokol kesehatan diberlakukan guna mencegah penyebaran COVID-19. Terdapat tiga kegiatan dalam pelaksanaan pelatihan ini, yakni 1) pengenalan Google Classroom kepada para guru, 2) mendemonstrasikan tentang bagaimana cara menggunakan Google Classroom, dan 3) evaluasi. Selama kegiatan berlangsung, para guru menunjukkan antusiasmenya dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Meskipun terdapat sedikit kendala terkait koneksi buruk yang dialami guru, namun dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar. Untuk kedepannya, diharapkan para guru dapat mengoptimalkan penggunaan Google Classroom karena berbagai fitur dari aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan para guru dalam melaksanakan pembelajaran daring.

References

Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The effectiveness of Google classroom as an instructional media: A case of state islamic institute of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227

Anshari, M., Almunawar, M. N., Shahrill, M., Wicaksono, D. K., & Huda, M. (2017). Smartphones usage in the classrooms: Learning aid or interference? Education and Information Technologies, 22(6), 112–123.

Beal, V. (2017). Google Classroom. webopedia:http://www.webopedia.com/TERM/G/google-classroom.html.

Evans, C. (2014). Twitter for teaching: Can social media be used to enhance the process of learning? British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/bjet.12099

Fitra, A., Utami, Y., & Sitorus, M. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. 3(3), 3–6. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/564

Hamid, S., Waycott, J., Kurnia, S., & Chang, S. (2015). Understanding students’ perceptions of the benefits of online social networking use for teaching and learning. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.02.004

Inoue, M., & Pengnate, W. (2018). Belief in foreign language learning and satisfaction with using Google classroom to submit online homework of undergraduate students. Proceedings of 2018 5th International Conference on Business and Industrial Research: Smart Technology for Next Generation of Information, Engineering, Business and Social Science, ICBIR 2018. https://doi.org/10.1109/ICBIR.2018.8391272

Izenstark, A., & Leahy, K. L. (2015). Google classroom for librarians: features and opportunities. In Library Hi Tech News. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039

O’Flaherty, J., & Phillips, C. (2015). The use of flipped classrooms in higher education: A scoping review. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.02.002

Ocampo, J. F. G., Quevedo, M. C. J. A. C., Perez, C. A. O., & Castillo, B. Y. M. (2017). Analysis of the use of Google Classroom, in the students of System Engineering of the Instituto Tecnologico de Mexicali. European Journal of Multidisciplinary Studies. https://doi.org/10.26417/ejms.v6i2.p60-62

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles