PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ICT GURU BAHASA INGGRIS DI BANDUNG BARAT

Authors

  • Gartika Pandu Bhuana IKIP SILIWANGI
  • Siska Rizkiani IKIP Siliwangi
  • Firda Aulia

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6861

Keywords:

industri 4.0, aplikasi pembelajaran, learning management system.

Abstract

Pada revolusi industi 4.0, teknologi telah bertranformasi menjadi kebutuhan yang sangat vital, termasuk di dalam dunia pendidikan. Banyak media pengajaran dan pembelajaran yang berbasis pada penggunaan teknologi dapat dilakukan secara virtual. Learning management system (LMS) adalah salah satu contohnya.. Sayangnya, banyak guru yang belum memiliki kompetensi mumpuni untuk mengoperasikan LMS. Ini terbukti pada kondisi dimana pandemic Covid-19 terjadi, dan mengharuskan semua sekolah melakukan pembelajaran daring atau online. Banyak guru yang kebingungan untuk melakukan aktifitas mengajar. Jikapun ada yang menggunakan LMS, pemanfatannya jauh dari kata maksimal. Oleh sebab itu, pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi para guru, khususnya guru bahasa Inggris, mengenai cara menggunakan LMS terutama Schoology. Hasil pengabdian ini menunjukan adanya manfaat positif dari pelatihan penggunaan Schoology bagi guru. Motivasi dan keaktifan guru dalam mendesain kelas virtual menjadi tolak ukurnya. Adapun kendala yang ada selama proses pengabdian ini adalah stabilitas sinyal. Kualitas sinyal yang buruk berdampak pada penyampaian materi. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memaksimalkan proses belajar-mengajar yang terjadi di luar kelas atau online. Dalam jangka panjang, pengabdian ini diharapkan dapat membantu guru untuk lebih handal didalam penggunaan teknologi sehingga dapat meningkatkan kompetensi ICT mereka. 

References

Adzharuddin, N. (2013). Learning Management System (LMS) among University Students: Does It Work? International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(3). https://doi.org/10.7763/ijeeee.2013.v3.233

Aminudin, M., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. 4(2), 417–428.

Andi. (2002). Mengenal Learning Management System & Manfaat yang Ditawarkan. https://qwords.com/blog/learning-management-system/

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(1), 29–42.

Eka Natalia *, I Dewa Putu Nyeneng, A. S. (2016). Pengembangan E-Learning dengan Schoology Pada Materi Dinamika Benda Tegar.

Haryanto, S. (2018). Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning Berbasis Schoology. Prosiding Seminar Nasional Geotik, 2016, 106–110.

Istiyan, N., Nyoto, R.N. & Muhardi, H. (2020). Aplikasi Learning Management System pada Jenjang Madrasah Aliyah. Justin: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol 8 (1).

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Informatika) Vol. 1 (1), 14-22

Murni, K. (2016). Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X Tkj 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo. It-Edu, 1(01), 86–90.

Natalia, E., Nyeneng, I. D. P., & Suyatna, A. (2016). Pengembangan E-learning Dengan Schoology Pada Materi Dinamika Benda Tegar. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 4(3).

Putrawan, E; Riadi; Maydiantoro; Hidayatulloh, R. (2018). Pelatihan Learning Management System Berbasis Web Bagi Guru Seni Se-Provinsi Lampung.

Subiyantoro, S. & Ismail. (2017). Dampak Learning Management System (LMS) pada Performa Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2 (4)

Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, Vol 9 (2).

Suprihanto, A. (2016). Pemanfaatan Schoology untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen Massal dengan Mail Merge Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bawen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Turnbull, D., Chugh, R., & Luck, J. (2020). Learning management systems: a review of the research methodology literature in Australia and China. International Journal of Research and Method in Education, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/1743727X.2020.1737002

Ujulawa, M. (2017). Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Vol. 16 (1)

Wibowo, A.T., Akhlis, I. & Nugroho, S.E. (2014). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, Vol 1 (2).

Downloads

Published

2022-02-21

Issue

Section

Articles