PENDAMPINGAN KEGIATAN BEBAS MELA (BELAJAR CERDAS MENDUKUNG LITERASI ANAK) KEPADA GURU-GURU SEKOLAH SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Ruli Setiyadi IKIP Siliwangi
  • Trisnendri Syahrial IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6913

Keywords:

pendampingan, literasi anak, sekolah dasar

Abstract

Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian yang  inovatif melalui penyuluhan bagi guru-guru Sekolah Dasar dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang literasi anak sehingga dapat menunjang proses belajar peserta didik secara maksimal. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman guru-guru tentang pentingnya kemampuan literasi anak; (2). Meningkatkan kemampuan literasi anak khusunya peserta didik usia sekolah dasar. Metode pelaksanaan dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). perizinan terhadap Dinas setempat terkait pengabdian terhadap guru-guru sekolah dasar; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (d). Melakukan kolaborasi dengan ahli dalam menyusun materi yang menunjang literasi anak, (e). Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ; (f). Evaluasi kegiatan penyuluhan, (f) Penarikan kesimpulan pelaksanaan penyuluhan, dan (g) Publikasi luaran pengabdian.

References

Agustin, M., Setiyadi, R., & Puspita, R. D. (2020). Burnout Profile of Elementary School Teacher Education Students (Estes): Factors and Implication of Guidance and Counseling Services. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 38. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1640

Kern, G. (2019). Development of Child Literacy from Time to Time (VIII). Oklahoma: Oklahoma Publish Co.Ltm.

Radesi, M. (2014). Pengaruh penerapan model Concentrated Language Encounter (CLE) terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Inggris ditinjau dari motivasi berprestasi siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Amlapura. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.

Rahayu, G. D., & Setiyadi, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Menggunakan Metode Hands On Activity. Primaryedu, 9(2), 11–18.

Suherman, J., & Firmansyah, A. (2017). Implementasi Bahan Ajar berbentuk Majalah Online dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 8(1), 17–26.

Suryadi, D. (2016). Manusia dan Kemampuannya. Bandung: Rosda Karya.

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Zulkarnaen, E. (2016). Sumber Literasi Untuk Anak Usia Sekolah Dasar (IX). Bandung: CV. KingQlaban Putra.

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles