PELATIHAN PEMBELAJARAN WRITING NARRATIVE TEXT DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM KEPADA PARA GURU BAHASA INGGRIS DI MGMP SE-KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6920Keywords:
Online Learning, Google Classroom, writing, Narrative TextAbstract
Kebutuhan pembelajaran writing narrative text bagi para peserta didik tak bisa dikesampingkan meski negara Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan penggunaan Google Classroom agar pembelajaran tetap berlangsung, meskipun melalui daring. Â Tahap pelaksanaan pengabdian ini adalah pemaparan tentang pentingnya penggunaan google classroom dalam pengajaran writing narrative text. Para partisipan merupakan para guru bahasa Inggris di MGMP se-Kabupaten Bandung barat. Kemudian dilanjutkan pelatihan pembelajaran writing narrative text menggunakan Google Classroom. Dari hasil pengabdian ini muncul fakta bahwa masih ada para guru yang belum terbiasa menggunakan google classroom. Hal ini terjadi karena kondisi para pelajar yang memiliki keterbatasan dalam penggunaan internet, sehingga guru tak terdorong untuk menggunakan platform lain di samping whatsapp. Sehingga, pelatihan ini membuka pengalaman baru bagi sebagian guru untuk mencoba platform Google Classroom dalam pembelajaran writing. Implikasi yang diperoleh adalah guru bahasa Inggris di MGMP se-Kabupaten Bandung Barat menjadi terampil menggunakan Google Classroom dalam pengajaran writing narrative text.Â
Â
References
Aisyah, R. M. (2018). Strategi Pemodelan Bermedia Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif SIswa Tunarungu Kelas 2 Di SLB-B. Jurnal Pendidikan Khusus, 3-20.
Andayani, T. (2015). Improving students’ ability in writing narrative text by using picture series at the eighth grade students of SMP Negeri 03 Sindang Kelingi. Center of Language Innovation Journal of Linguistics and Language Teaching. Vol.2 No 2; October 2015 , 1-7.
Andriani, R., & Wahyuni, D. (2018). Improving Students’ Writing Skill in Narrative Text by Using Storybird at Grade X Teknik Komputer Jaringan 1 of SMK Yayasan Pendidikan Persada Indah (YPPI) Tualang. ELT- Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol 5, No 1, February 2018, 78-85.
Anggraeny, E. D., & Fahri. (2015). The use of animated video to teach writing narrative text . RETAIN. Vol 3, No 1 (2015), 1-4.
Fadila, S. F. (2015). Improving Students' Writing Skill in Narrative Text Through Movies. Syarif Hidayatullah State Islamic University.
Fauziah, U. N., Suryani, L., & Trisnendri, S. (2019). Penerapan google classroom dalam pembelajaran bahasa inggris kepada guru-guru bahasa inggris SMP di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Volume 02 Nomor 02, Juli 2019, 183-191.
Friatin, L. Y., & Jauharoh, U. (2017 ). The use of digital story in teaching writing narrative text. Jurnal Wahana Pendidikan Volume 4,1, Januari 2017 , 19-25.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA, Volume 18 No. 2, Desember 2019, hlm. 225 - 233, 225 - 233.
Hasibuan, A., & Handayani, F. (2018). An analysis of students’ ability in writing narrative text ( a study at the eighth grade of SMP Negeri 2 Tambangan in 2018/2019 academic year). MELT Journal, Vol 3, Issue 1, June 2018. ISSN:2528-0287, 55-63.
Hidayati, I. N. (2015). Improving English Writing Skills Through Board Games for Grade X Students in Semester 1 of SMA Negeri 1 Pengasih in the Academic Year of 2014/2015. Yogyakarta: Yogyakarta State University.
Laia, M. Y. (2019). THE DIFFICULTIES OF STUDENTS TO WRITE NARRATIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 LOLOWAU. Jurnal Education and developmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan. E.ISSN.2614-6061P.ISSN.2527-4295Vol.7 No.1 Edisi Januari 2019, 125-131.
Mardiyah, & Mustaji, S. N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Writing Of Narrative Text dengan Menggunakan Teaching Materials . Edcomtech Volume 4, No 2, Oktober 2019, 89-95. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/7289.
Nurmala, A. (2014). Penggunaan Metode Permainan dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Surabaya: Program Studi Magister Psikologi (SAINS) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
Prabantoro, A. T. (2018). Teacher’s strategies in teaching writing narrative text at SMKN 1 Kismantoro 2016/2017 academic year. School of teacher training and education Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratiwi, E. (2017). Pengaruh penggunaan media gambar berseri dalam penulisan kemampuan naratif kelas sebelas di SMA PGRI 2 Palembang. Wahana Didaktika Vol. 15 No.3 September 2017 : 66-76, 66-76.
Pricilia, G. M., & Habib, R. (2019). Peningkatan kemampuan menulis narrative text melalui model pembelajaran berbasis kearifan lokal. Asahan: Universitas Asahan.
Puspitasari, E. Y. (2014). The Use of Picture Series to Improve the Writing Skills of Tenth Grade Students of SMA N 1 Srandakan in Writing Narrative Text in THe Academic YEar of 2013/2014 . Yogyakarta: Yogyakarta State University.
Rakhmawati, I. (2017). Improving students’ narrative text writing by using west kalimantan folklore. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa Vol 6, No 3 (2017), 2-9.
Ramadani, S. A. (2013). Improving Students' Writing Ability in Writing Descriptve Texts Through Field TRip at SMA N 1 Godean. Yugyakarta: English Language Education Department Faculty of Language and Arts State University of Yogyakarta.
Sabran, & Sabara, E. (2020). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran.. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. ISBN : 978-602-5554-71-1.
Sandi, W., & Gusparia. (2019). The use of think talk write (TTW) to improve students’ writing skill of narrative text at grade viiia smps johan sentosa. Menara Ilmu Vol. XIII. No.8, Juli 2019, 110-118.
Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat . Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI - Vol. 10, No. 2, Desember 2015, 67-76.
Setia, L. D. (2018). A. Setia, L.Pelatihan Karya Tulis Bagi Guru Non Formal (PKBM Kelurahan Kertosari Ponorogo). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. No. 01, Mei tahun 2018, ISSN: 2581-1932. , 1-6.
Teladan, R. P. (2020). The effectiveness of e-learning system using google classroom to improve students’ narrative text writing skill (A Pre-Experimental Research at the Tenth Grade of SMKN 6 Bulukumba). Makassar: English educational departement faculty of teacher training and education muhammadiyah university of makassar.
Ulwiya, M. N. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD, Volume 06 Nomor 04 Tahun 2018, 536-545.
Yarmi, G. (. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal. . Perspektif Ilmu Pendidikan , Vol. 28. No. 1 April 2014, 8-16.
Yusni. (2018). Peningkatan kemampuan siswa kelas ix.1 menulis bahasa inggris narrative text dengan media gambar seri smpn 1 gunung toar kecamatan gunung toar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 2 Nomor 3 Mei 2018 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337, 356-360.
Zuharty, I. I. (2010). Learners' Needs and Curriculum Demands of English (A Case Study of Package Program at PKBM). . Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol 5, No. 1, Juni 2010, 40-46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).