PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO POWERPOINT SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Authors

  • Yesi Maylani Kartiwi IKIP Siliwangi
  • Yeni Rostikawati

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6922

Keywords:

Media Pembelajaran, Video PowerPoint

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan program pengabdian yang bertujuan untuk menyosialisasikan panduan penyusunan bahan ajar media interaktif berupa video Microsoft PowerPoint bagi para guru SMP di Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai proses pembelajaran daring bahwa guru hanya memberikan tugas, tidak interaktif dan pelaksanaan komunikasi hanya satu arah. Padahal, seharusnya guru proaktif dan kreatif agar bisa menggelar kegiatan belajar mengajar sama efektifnya dengan tatap muka. Para guru perlu menyiapkan bahan ajar yang inovatif dan kreatif untuk diberikan kepada para siswa selama belajar di rumah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode pendidikan dan pelatihan. Panduan penyusunan video powerpoint yang disosialisasikan diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam menyusun media pembelajaran interaktif, sehingga bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran daring dapat meningkatkan kualitas kemampuan siswa dalam memahami pelajaran.

References

Abidin, Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 287–302.

Armansyah, F, dkk. (2019). Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol 2., No. (3). e-ISSN 2615-8787.

Jayusman, I, dkk. (2017). Pengembangan media pembelajaran multi media power point pada mata kuliah sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala. Vol.3, No.1. e-ISSN: 2447-8214.

Majid, A. (2013). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sudjana. (2006). Manajemen Program Pendidikan, untuk pendidikan Non Formal danPengembangan Sumber daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Tim Pengembang MKDP. (2011). Kurikulum & pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 287–302.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602.

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles