PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO POWERPOINT SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6922Keywords:
Media Pembelajaran, Video PowerPointAbstract
Artikel ini mendeskripsikan program pengabdian yang bertujuan untuk menyosialisasikan panduan penyusunan bahan ajar media interaktif berupa video Microsoft PowerPoint bagi para guru SMP di Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai proses pembelajaran daring bahwa guru hanya memberikan tugas, tidak interaktif dan pelaksanaan komunikasi hanya satu arah. Padahal, seharusnya guru proaktif dan kreatif agar bisa menggelar kegiatan belajar mengajar sama efektifnya dengan tatap muka. Para guru perlu menyiapkan bahan ajar yang inovatif dan kreatif untuk diberikan kepada para siswa selama belajar di rumah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode pendidikan dan pelatihan. Panduan penyusunan video powerpoint yang disosialisasikan diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam menyusun media pembelajaran interaktif, sehingga bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran daring dapat meningkatkan kualitas kemampuan siswa dalam memahami pelajaran.
References
Abidin, Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 287–302.
Armansyah, F, dkk. (2019). Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol 2., No. (3). e-ISSN 2615-8787.
Jayusman, I, dkk. (2017). Pengembangan media pembelajaran multi media power point pada mata kuliah sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala. Vol.3, No.1. e-ISSN: 2447-8214.
Majid, A. (2013). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Sudjana. (2006). Manajemen Program Pendidikan, untuk pendidikan Non Formal danPengembangan Sumber daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Tim Pengembang MKDP. (2011). Kurikulum & pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 287–302.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).