GERAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN GEMAR MEMBACA SISWA DI SMPN 1 BATU JAJAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6924Keywords:
gerakan literasi, minat bacaAbstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh semua orang. Pada dasarnya, setiap orang mempunyai tujuan dalam membaca. Apabila kita memiliki tujuan jelasdalam kegiatan membaca, hal tersebut akan kita lakukan dengan baik. Oleh karena itu, minat baca harus ditumbuhkan sejak dini. Anak usia SD/MI harus sudah membiaskan membaca. Kegiatan membaca untuk anak-anak selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, kegiatan membaca ini juga akan membuat anak lebih kreatif dan mampu berpikir kritis. Anak menjadi mampu mengembangkan konsep bacaan yang mereka baca dengan bahasa mereka sendiri dan anak akan mampu menilai isi buku/ materi yang terdapat dalam buku. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru di SMPN 1 Batu Jajar, minat siswa dalam kegiatan membaca masih rendah, hal ini terbukti dari respon siswa Ketika diberi bahan bacaan oleh guru hanya beberapa siswa yang membaca, data ini didapatkan Ketika pembelajaran online dilaksanakan kemudian guru menugaskan siswa untuk membaca dan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan siswa kurang responsif sehingga diperlukan solusi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan ini. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdi kepada guru di SMPN 1 Batu Jajar adalah memberikan pelatihan dan pendampingan membuat media bacaan yang menarik seperti teks bacaan yang ditampilkan menggunakan video, slide PPT atau di upload ke youtube, diharapkan dengan pelatihan dan pendampingan ini minat baca siswa dapat meningkat
References
Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Amir dan Slamet, Y. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Dalman (2014) Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tadkiroatun. (2016). Konstruk kompetensi lietrasi untuk siswa sekolah dasar. Jurnal litera. Volume 15 No. 1.
Rosdiana, Lilis Amaliah. (2016). Meningkatkan minat baca melalui program “melek bacaâ€pada masyarakat desa jatimekar kecamatan situraja kabupaten sumedang. Prosiding Seminar Nasional. ISBN 978-602-71741-7-7
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).