PELATIHAN APLIKASI MENDELEY BERBASIS 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, DAN COMMUNICATION) DALAM MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6927Keywords:
aplikasi mendeley, 4C (critical thinking, creativity, collaboration, dan communication), dan karya ilmiahAbstract
Latar belakang kegiatan pengabadian ini didasari oleh fakta bahwa masih banyak guru yang kesulitan saat menulis sitasi dalam karya lmiah. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengadakan pelatihan aplikasi mendeley berbasis 4C dalam menulis karya ilmiah bagi guru-guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Bandung Barat. Aplikasi mendeley ini diperuntukkan untuk memudahkan penulis dalam pembuatan sitasi dan mengorganisasikan rujukan-rujukan yang selama ini dipakai ataupun nanti akan dipakai. Metode pengabdian berupa pelatihan berbasis 4C yaitu critical thinking atau berpikir kritis, creativity atau kreativitas, collaboration atau kolaborasi, dan communication atau komunikasi. Pelatihan ini dilaksanakan di SMPN 1 Batujajar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian mendapatkan respons yang postif dari seluruh peserta. Tahap 1 berpikir kritis (mencari masalah dan solusi), tahap 2 kreativitas (langkah-langkah menggunakan aplikasi mendeley), tahap 3 Kolaborasi (mulai menyusun sitasi dan referensi dengan menggunakan aplikasi mendeley dalam karya ilmiah), tahap terakhir        komunikasi (tanya jawab berkaitan dengan permasalahan dan solusi selama pelatihan berlangsung).References
Arifin, Z. (2008). Dasar Penulisan Karya Ilmiah (Ed. 4): Jakarta. Grasindo.
Kuntarto, E. (2015). Teknik Menyusun Sitasi Otomatis dengan Software Mendeley. Repository Unja, 1–18.
Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).
Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.
Rahmiati, R. (2013). Problematika Mahasiswa Dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Adabiyah, 13(2), 160–174.
Sukawati, S., Ismayani, R. M., & Permana, A. (2019). Identfikasi Hasil Analisis Laporan Baca KTI dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Melalui Metode Partisipatif Berbasis E-Learning. In Prosiding Seminar Nasional Program Studi Bahasa indonesia. IKIP siliwangi.
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.
Zainurrahman. (2011). Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta. Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (pp. 1–18).
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).