PELATIHAN APLIKASI MENDELEY BERBASIS 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COLLABORATION, DAN COMMUNICATION) DALAM MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Sary Sukawati IKIP Siliwangi
  • Riana Dwi Lestari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6927

Keywords:

aplikasi mendeley, 4C (critical thinking, creativity, collaboration, dan communication), dan karya ilmiah

Abstract

Latar belakang kegiatan pengabadian ini didasari oleh fakta bahwa masih banyak guru yang kesulitan saat menulis sitasi dalam karya lmiah. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengadakan pelatihan aplikasi mendeley berbasis 4C dalam menulis karya ilmiah bagi guru-guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Bandung Barat. Aplikasi mendeley ini diperuntukkan untuk memudahkan penulis dalam pembuatan sitasi dan mengorganisasikan rujukan-rujukan yang selama ini dipakai ataupun nanti akan dipakai. Metode pengabdian berupa pelatihan berbasis 4C yaitu critical thinking atau berpikir kritis, creativity atau kreativitas, collaboration atau kolaborasi, dan communication atau komunikasi. Pelatihan ini dilaksanakan di SMPN 1 Batujajar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian mendapatkan respons yang postif dari seluruh peserta. Tahap 1 berpikir kritis (mencari masalah dan solusi), tahap 2 kreativitas (langkah-langkah menggunakan aplikasi mendeley), tahap 3 Kolaborasi (mulai menyusun sitasi dan referensi dengan menggunakan aplikasi mendeley dalam karya ilmiah), tahap terakhir         komunikasi (tanya jawab berkaitan dengan permasalahan dan solusi selama pelatihan berlangsung).

References

Arifin, Z. (2008). Dasar Penulisan Karya Ilmiah (Ed. 4): Jakarta. Grasindo.

Kuntarto, E. (2015). Teknik Menyusun Sitasi Otomatis dengan Software Mendeley. Repository Unja, 1–18.

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.

Rahmiati, R. (2013). Problematika Mahasiswa Dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Adabiyah, 13(2), 160–174.

Sukawati, S., Ismayani, R. M., & Permana, A. (2019). Identfikasi Hasil Analisis Laporan Baca KTI dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Melalui Metode Partisipatif Berbasis E-Learning. In Prosiding Seminar Nasional Program Studi Bahasa indonesia. IKIP siliwangi.

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.

Zainurrahman. (2011). Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta. Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (pp. 1–18).

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles