PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR DARING BERBASIS METAKOGNITIF MELALUI SERVICE LEARNING APPROACH

Authors

  • Ika Mustika IKIP Siliwangi
  • Wikanengsih Wikanengsih IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7007

Keywords:

bahan ajar daring, metakognitif, service learning approach

Abstract

Pendampingan penyusunan bahan ajar daring berbasis metakognitif merupakan bagian dari program pengabdian pada masyarakat yang pertama kali dilaksanakan secara virtual oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi. Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 telah memicu transformasi budaya baik bagi guru, siswa maupun orang tua. Permasalahan pembelajaran daring mengemuka, diantaranya  guru memiliki keterbatasan dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dibutuhkan bahan ajar daring yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri di rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk mendesiminasikan penyusunan bahan ajar daring berbasis metakognitif khusus materi ajar Bahasa Indonesia dalam bentuk 3D PageFlip Professional.  Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah  workshop melalui service learning approach dengan tiga tahapan kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap layanan, dan tahap refleksi. Pendampingan diikuti para guru tingkat SMP dan SMA di Wilayah Kabupaten Cianjur. Hasil pemahaman peserta sebelum dan setelah pendampingan melalui workshop menunjukkan perbandingan yang cukup ssignifikan dalam  menyusun bahan ajar daring berbasis metakognitif.

References

Ambarita, J., Helwaun, H., & Houten, L. Van. (2021). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19. Community Engagement & Emergence Journal, 2(1), 44–57.

B. Fitri Rahmawati, Badarudin, M. S. H. (2020). Penggunaan media interaktif power point dalam pembelajaran daring. Jurnal Fajar Historia. 1. 4, 60–67.

Febrina, E., & Mukhidin. (2019). Metakognitif sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Abad 21. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 25–32. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/451

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Indira, S. M., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2020). Pengembangan e-modul kimia berbasis metakognisi. Alotrop, 4(1), 33–41.

Liliawati, W. dkk. (2019). Desain Bahan Ajar Fisika Dalam Jaringan (Daring) Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 113–121. ejournal.unsri.ac.id/index.php/JIPF

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326

Mustika.Ika dan Asep I.S. (2018). Profil Pembelajaran Literasi di SMP Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Universitas Suryakancana, 192-200.

Nusanti, I. (2014). Strategi Service Learning Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 251. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.142

Rahmawati, F., Fatimah, V., Buraidah, N. L., El, A. R., Faizah, S. N., Mukaromah, A., Keguruan, F., & Tidar, U. (2021). Efektivitas video belajar dalam pembelajaran daring the effectiveness of learning videos in online mathematics learning materials of transformation at junior high school. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). hal. 202-211 URL:http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th 5(2), 202–211.

Setiawan, B., & Dores, O. J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles