PELATIHAN TOEFL UNTUK UMUM MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM

Authors

  • Rahmatika Kayyis Univerisitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Dian Pratiwi Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Novita Eka Tristiana Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Fitri Wulandari Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7028

Keywords:

Social Distancing, TOEFL, Zoom

Abstract

TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Secara umum tes ini untuk menilai kemampuan menulis dan tata bahasa yang baik dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah. TOEFL sangatlah dibutuhkan oleh semua kalangan tidak hanya oleh mahasiswa. Berdasarkan studi awal dengan melibatkan mahasiswa dan umum sebagai sampel didapatkan bahwa 98% menyatakan bahwa mereka membutuhkan sebuah pelatihan TOEFL karena mengingat pentingnya TOEFL dalam dunia pendidikan dan dunia kerja. Akan tetapi adanya pemberlakuan Social Distancing yang diberlakukan oleh pemerintah menjadikan pelatihan dan pembelajaran dilakukan salah satunya menggunakan solusi aplikasi interface online yaitu menggunakan aplikasi Zoom. Tujuan pengabdian ini memberikan pelatihan TOEFL untuk umum dengan menggunakan aplikasi Zoom. Metode pelatihan ini kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap monitoring.  Dampak dari kegiatan ini adalah: 1) terciptanya situasi dan kondisi pelatihan TOEFL yang dapat menaikan motivasi belajar, 2) terciptanya respon postif dari para peserta yang ikut dalam pelatihan ini, dan 3) peningkatan pengetahuan tentang tips dan trik menjawab soal tes TOEFL.

References

Alderson JC, Hamp-Lyons L. TOEFL preparation courses: a study of washback. Language Testing. 1996;13(3):280-297. doi:10.1177/026553229601300304

Isaac, W, and W Justin. 2009. “Relationship Between TOEFL Score and Academic Success for International Engineering Students.†Journal of Engineering Education 98(4): 389.

Hartono, Didik, Devita Puspita Ratri, and Isti Purwaningtyas. 2017. Cara Mudah Menguasai TOEFL. ed. Ub Press Team. Malang: UB Press.

Hasriani, G., Risan, R., & Nasta, M. (2008). Pelatihan TOEFL bagi Lembaga MAMMESA. 238–240.

Kim, J., Zhang, J., Cha, Y., Kolitz, S., Funt, J., Chong, R. E., Barrett, S., Zeskind, B., Kusko, R., & Kaufman, H. (2020). Coronavirus Disease - 2019 (COVID- 19). ChemRxiv, 2019(April). https://doi.org/10.26434/chemrxiv.12037416.v1

Kurasi, Syamsuriana. 2012. “The Correlation Between The Students’ Attitude and English Proficiency of the Second Year Students of SMK Negeri 1 Enrekang.†UIN Alauddin Makassar.

Phillips, Deborah. 2011. Complete Course for the TOEFL Test. Allen Asch. USA: longman.

Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91–100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

Articles