PELATIHAN PENGGUNAAN BANDICAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE YANG INTERAKTIF BAGI GURU SMA DI HUTABAYURAJA

Authors

  • Gunaria Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hendra Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Masni Veronika Situmorang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lois Oinike Tambunan
  • Monalisa Frince Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Janwar Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.7569

Keywords:

Pembelajaran online, Bandicam, Video Interaktif

Abstract

Kegiatan pengabdian  kepada masyarakat ini bertujuan agar guru-guru dapat menggunakan aplikasi Bandicam saat masa pembelajaran online yang dilakukan pada pandemic covid-19. Keterampilan pengelolaan pembelajaran secara daring sangat perlu didukung dengan keterampilan membuat instrumen pembelajaran daring salah satunya dengan pembuatan video pembelajaran. Video pembelajaran diperlukan sekali dalam pembelajaran daring, karena manfaatnya yaitu bersifat komunikatif dan dapat diulang-ulang, diperlambat, diperbesar. Bandicam ini merupakan salah satu media interaktif yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran secara  online, karena pada bandicam  terdapat video  dimana guru dapat menjelaskan  materi dengan tepat dan jelas. Metode pengabdian menggunakan ceramah tutorial dengan bantuan Power Point, aplikasi Bandicam  dan diskusi dengan peserta. Peserta kegiatan merupakan 17 orang  peserta yang terdiri dari guru-guru SMA. Hasil dari kegiatan ini adalah :1) guru menjadi lebih percaya diri dan termotivasi menggunakan teknologi, 2) guru dapat merancang dan membuat video pembelajaran  sederhana yang menarik sesuai tema dan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan Bandicam 3) guru dapat merancang video interaktif dan melibatkan anak dalam pembelajaran

Author Biography

Lois Oinike Tambunan

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

References

Agus Dipa Prayatna, I. P., Sudiarta, I. G. P., & Gita, I. N. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viiid Smp Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 40. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19894

Agustina, I., Astuti, D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS. 2(2), 107–114.

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Cahyono, H. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Bandicam pada Mata Kuliah Teori Graf Untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 114–119. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.205

Ekawati, R., Manuharawati, M., Palupi, E. L. W., & Fardah, D. K. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Stud. Jurnal ABDI, 1(2), 130. https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p130-134

Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Fitur, P., Daring, G., Universitas, D. I., & Lampung, M. P. (2020). Al-Jahiz : Journal of Biology Education Research Al-Jahiz : Journal of Biology Education Research. 1(1), 1–14.

Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon†bagi Guru PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78–86.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

Kartika Rinakit, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1 No 1(12 April 2018), 26–31.

Ma, D. A. N., Pondok, B., Kota, P., Arif, M. Z., Riski, A., & Anggraeni, D. (n.d.). Jember Melalui Pelatihan Pembuatan Video.

Octaviana, S., Setiawan, Y., Pgsd, J., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Kelas Iv Sekolah Dasar Menggunakan Media Powerpoint Berdasarkan Kerangka Kerja Tpack. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1150–1159.

Rahmi, E., & Cerya, E. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Smk Bisnis Manajemen Kabupaten Agam Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 314–320. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.284

Sdn, D., Sdn, L., & Instruction, D. (2019). No Title. 2(4).

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-21

Issue

Section

Articles