PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Authors

  • Henki Bayu Seta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Theresiawati Theresiawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nurhafifah Matondang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.8339

Keywords:

pelatihan, pendampingan, Google Classroom, daring

Abstract

Pandemi Covid 19 sudah melanda Indonesia sejak 2019. Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan berganti kebijakan menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan PPKM berimbas pada pelarangan untuk keluar, bekerja maupun bersekolah. Untuk dapat terus menjalankan proses kegiatan belajar pada Taman kanak – kanak Al Quran Terpadu (TKA-T) Hayaatul ‘ilmi dibutuhkan suatu inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yang efektif dan efisien. Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dikeluarkan oleh google dalam pembelajaran secara daring. Melihat pentingnya pemahaman dan pemanfaatan Google Classroom maka Program kemitraan masyarakat (PKM) bertujuan untuk membantu implementasi Google Classroom sebagai Learning Management System untuk mempermudah proses pembelajaran secara daring. 

References

Durahman, D. (2018). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Multimedia Pembelajaran bagi Guru Madrasah pada Diklat di Wilayah Kerja Kemenag

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. vol, 2, 1-6. Kabupaten Cianjur. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 215-221.

Inoue, M., & Pengnate, W. (2018, May). Belief in foreign language learning and satisfaction with using Google classroom to submit online homework of undergraduate students. In 2018 5th International Conference on Business and Industrial Research (ICBIR) (pp. 618-621). IEEE.

Mantalean Vitorio. (2021). Depok Tetapkan 632 RW Zona Merah Covid-19 Periode 1-14 Februari 2021. diakses pada https://megapolitan.kompas.com/read/2021/02/11/15393031/depok-tetapkan-632-rw-zona-merah-covid-19-periode-1-14-februari-2021-ini?page=all

Rahayu, S., & Inayah, R. (2021). PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMP&SMA SE-KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Abdimas Siliwangi, 4(2), 344-353.

Sibero, A. F., Manurung, I. H., & Sitanggang, R. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Evaluasi Guru Di Smk Negeri 11 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 107-114.

Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1).

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).

Yanto, B., Setiawan, A., & Husni, R. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 15-24.

Ventayen, R. J. M., Estira, K. L. A., De Guzman, M. J., Cabaluna, C. M., & Espinosa, N. N. (2018). Usability evaluation of google classroom: Basis for the adaptation of gsuite e-learning platform. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences, 5(1), 47-51.

Downloads

Published

2022-02-23

Issue

Section

Articles