PROGRAM PENGENALAN APLIKASI MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT POWER POINT DI MADRASAH DINIYYAH JAMIYATUL WILDAN DESA PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Authors

  • Anggi Ayu Ichsani UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muhammad Nurhalim UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.8557

Keywords:

Computer, Microsoft Word, Microsoft Power Point, Digital Age, Education

Abstract

Selama kegiatan KKN-DR di Desa Pruwatan, tim pengabdi menemukan beberapa masalah salah satunya adalah masih banyak anak-anak yang belum mengenal cara pengaplikasian komputer dalam proses pembelajaran. Untuk itu, tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan berupa pelatihan dasar aplikasi komputer sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan aplikasi komputer untuk anak-anak Madrasah Diniyyah Jamiyatul Wildan Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman serta pemahaman dan pendampingan kepada anak-anak madrasah diniyyah dalam pelatihan Microsoft word dan Midrosoft Power Point. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan ini berupa ceramah, praktek kemudian Tanya jawab. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah meningkatnya kualitas pengetahuan anak terkait aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas sekolah berbasis komputer. Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari berbagai pihak khususnya anak-anak, mereka merasa senang dengan adanya pelatihan ini karena dianggap sangat membantu mereka dalam menyelesaikan tugas sekolah berbasis komputer. Dari kegiatan ini dapat tim pengabdi simpulkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengaplikasikan komputer.
Kata Kunci: Komputer, Microsoft Word, Microsoft Power Point, Era Digital. Pendidikan

Author Biography

Anggi Ayu Ichsani, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto sebagai mahasiswa

References

Deanna, Durbin Hutagalung, dkk. (2022). Pengenalan aplikasi komputer kepada siswa/i di Pondok Pesantren Modern Assalam. Jamaika Vol. 3, No.1.

Ilham, Efendi. (2017). Manfaat komputer dalam dunia pendidikan. Diunduh 12 April 2022 pada https://www.it-jurnal.com.

Maryatun. (2015). Pengaruh penggunaan media program microsoft power point terhadap hasil belajar strategi promosi pemasaran mahasiswa semester 2 progran studi pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3(1): 1-14.

Miftakhul, Muthoharoh. (2019). Media Powerpoint dalam Pembelajaran. Jurnal Tasyri’. Vol. 26, No. 1. Hal 69

Republikseo. 9 Agustus (2020). Pengertian Microsoft Word, Sejarah & Fungsinya. https://republikseo.net. Diakses paada tanggal 15 Agustus 2021, pukul 08.50 WIB.

Rika, Ariyani. (2021). Microsoft powerpoint (Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, serta Cara Menggunakannya). https://www.rikaariyani.com. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2021, pukul 10.15 WIB

Sari, R., A. Fitriyani dan R. D. Prabandari. (2020). Optimalisasi penggunaan ms. word dan ms. excel pada siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat) 3(2); 95-104.

Syahrul. (2017). Peranan komputer dalam bidang pendidikan. Diakses dari syahrulstkip@https://ilearning.me/.

Theofilus, Bayu D. (2017). Pelatihan aplikasi komputer (Aplikom) microsoft office dan pengenalan manajemen proyek untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan berorganisasi pemuda remaja gereja Kristen Jawa Dayu (GDJ Dayu). Universitas PGRI Yogyakarta.

Warsito, Bambang. (2014). KB 3 landasan teori dan teknologi informasi. Jakarta. Pustekkom, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles