PENINGKATAN MINAT BACA MELALUI REVALITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SD DAN MI DI TIWET KALITENGAH LAMONGAN

Authors

  • Riryn Fatmawaty Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan
  • Tiara Widyaiswara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan
  • Mukhtarul Anam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan
  • Riya Risqi S Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.8754

Keywords:

perpustakaan sekolah, minat baca siswa.

Abstract

Pada zaman sekarang ini, digitalisasi menjadi sangat dekat dengan kehidupan kita. Segala hal dapat diketahui melalui gedget. Mirisnya sekarang kita akan mendapati orang-orang sibuk dengan gadget masing-masing, diruang publik seperti dikantor, toko, mall, cafe, rumah ibadah, warung kopi, bahkan di sekolah yang notabene sebagai tempat belajar, para siswa bahkan guru-guru pun lebih suka dan tidak bosan-bosannya melototi gadget mereka masing-masing daripada membaca. Mereka lebih senang bermain media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Whatssap dan lain-lain ketimbang membaca tentang berita atau artikel-artikel online yang memberikan informasi penting. Sehingga nasib perpustakaan-perpustakaan sangat menyedihkan sekali, budaya stalking membuat perpusttakaan sekolah bukan menjadi tempat favorit untuk dikunjung lagi karena sudah menjadi kuburan sekolah. Apalagi perpustkaan yang minim fasilitas seperti yang terjadi di perpustakaan sekolah di SDN dan MI Tiwet. Hal itu tentunya menambah alasan mengapa siswa-siswa tidak mau mengunjungi perpustakaan. Melihat kondisi tersebut, penulis melaksanakan pengabdian berupa penyuluhan terhadap guru-guru untuk menghidupkan kembali perpustakaan sekolah mereka.

References

Darmono. (2007). PERPUSTAKAAN SEKOLAH Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. PT grasindo.

Fransisca Nur’aini, Ikhya Ulumuddin, Lisna Sulinar Sari, sisca F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3(April), 1–8.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan pariwisata perdesaan berbasis masyarakat. Graha Ilmu : Yogyakarta, 83.

Hikmat , H. (2001). Strategi pemberdayaan masyarakat. Humaniora Utama Press. http://books.google.com/books?id=nObZAAAAMAAJ

Lokatantra, P. (2019). Minat Baca Warga Lamongan Rendah, Sebar Sejuta Buku - Surya https://surabaya.tribunnews.com/2016/04/12/minat-baca-warga-lamonga. 3–5.

Massimo, D. E. (2019). Pisa Theory Group.

Nafiudin, N., & Huddin, M. N. (2019). Optimalisasi Perpustakaan Di Lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Dan Madrasah Diniyah Nurul Amal Kp. Tonjong Desa Walantaka Kecamatan Walantaka Kota Serang.

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd ilibrary.org//sites/bd69f805 en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Prastowo, A. (2012). Manajemen perpustakaan sekolah profesional.

Wijayanti, S.H., Efendi Warmiyati, M. M. T. (2012). Peningkatan minat baca melalui peran perpustakaan sekolah dasar di desa Cisauk, Tangerang. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 1(2), 109–118. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

W.J.S, P. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles