PENGUATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI BIMBINGAN TEKNIS LITERASI KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9478Kata Kunci:
Literasi Kewarganegaraan, Kompetensi Guru, Guru PAUD, PembelajaranAbstrak
Peran sentral guru PAUD dalam mengembangkan personal sosial, bahasa dan motorik anak usia dini diperlukan dalam menanamkan karakter kewarganegaraan sehingga dapat mendukung salah satu keterampilan pada abad-21 yakni literasi kewaragnegaraan. Tujuan dari pengabdian masyrakat ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan serta konsep literasi kewarganegaraan bagi guru PAUD dan memberikan deskripsi atau gambaran tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran literasi kewarganegaraan pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD). Â Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari 1) Analisis Situasi, 2) Perencanaan Program Pengabdian, 3) Pelaksanaan Pengabdian dan 4) Evaluasi Pengabdian. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah guru PAUD telah memperoleh wawasan dan pengetahuan baru sehingga dapat memperkuat kompetensi guru secara luas dan mendalam terkait literasi kewarganegaraan, kemudian guru PAUD juga memiliki gambaran dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bermuatan literasi kewarganegaraan sekaligus dapat memahami dengan baik dalam mengintegrasikan indikator literasi kewarganegaraan ke dalam pembelajaran.
Referensi
Adams, F. H., Andoh, S., & Quarshie, A. M. (2013). Effective Teaching of Citizenship Education in Primary Schools in. Journal of Education and Practice, 4(10), 18–23.
Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). Muatan Pendidikan Kewaranegaraan Sebagai Upaya Membelajarkan Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Disposition di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2018), 186–194.
Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103
Andriana, J., Sumarsih, & D., D. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau Dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, Dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 18–23. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/2521/2683
Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang. Universitas Diponegoro.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.
Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Fitria, N. (2017). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendiikan FKIP UNTIRTA 2017, 231–240.
Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Literasi Budaya dan Kewargaan. Gerakan Literasi Nasional, 8(9), 1–58.
LeCompte, K., Blevins, B., & Riggers-Piehl, T. (2020). Developing civic competence through action civics: A longitudinal look at the data. Journal of Social Studies Research, 44(1), 127–137. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2019.03.002
Maiello, C., Oser, F., & Biedermann, H. (2003). Civic Knowledge, Civic Skills and Civic Engagement. European Educational Research Journal, 2(3), 384–395. https://doi.org/10.2304/eerj.2003.2.3.5
Maimun, Sanusi, Yusuf, R., & Putra, I. (2019). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 143–150.
Muntengwa, W., Namadula, B., Hamainza, V., Simwatachela, R., Kakana, F., & Muleya, G. (2020). Unearthing Disablers in the Cultivation of Civic Skills among Learners in Selected Secondary Schools in Lusaka District , Zambia. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IV(IX), 228–238.
Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemetaan Kemampuan Guru Paud Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Pekanbaru. Sorot, 8(1), 95. https://doi.org/10.31258/sorot.8.1.2353
Nurhaidah, & Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 8–27.
Patterson, K. M. (2017). Civic Identity, Civic Skills, And Civic Knowledge: The Role of Adolescent School Experiences in Facilitating Civic Engagement in Adulthood. University of North Carolina.
Rifma. (2015). PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume XV No.1 April 2015. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan |, XV(1), 48–53. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi%0AFakultas
Rochyadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Paud Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Guru Di Paud Bougenville. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2252), 1–10.
Sapriya, Dianasari, & Hidayah, Y. (2021). Transformasi Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ibtida’, 02(01), 10–20. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/174
Saputra, M., Siddiq, I. H. A., Prabawangi, R. P., & Untari, S. (2021). The effect of perceived parenting styles on civic skills among East Java educators. Empowering Civil Society in the Industrial Revolution 4.0, 178–182. https://doi.org/10.1201/9781003180128-34
Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igohm, M. K. B. (2016). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 114–125.
Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v3i1.570
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Suryadi, K. (2010). Inovasi nilai dan fungsi komunikasi partai politik bagi penguatan civic literacy (Issue November). http://file.upi.edu/Direktori/PIDATO/5._Naskah_Orasi_Ilmiah-Prof._Karim.pdf
Yuliariatiningsih, M. S. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10325/6363
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).