PENGUATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI BIMBINGAN TEKNIS LITERASI KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Meidi Saputra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9478

Keywords:

Literasi Kewarganegaraan, Kompetensi Guru, Guru PAUD, Pembelajaran

Abstract

Peran sentral guru PAUD dalam mengembangkan personal sosial, bahasa dan motorik anak usia dini diperlukan dalam menanamkan karakter kewarganegaraan sehingga dapat mendukung salah satu keterampilan pada abad-21 yakni literasi kewaragnegaraan. Tujuan dari pengabdian masyrakat ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan serta konsep literasi kewarganegaraan bagi guru PAUD dan memberikan deskripsi atau gambaran tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran literasi kewarganegaraan pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).  Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari 1) Analisis Situasi, 2) Perencanaan Program Pengabdian, 3) Pelaksanaan Pengabdian dan 4) Evaluasi Pengabdian. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah guru PAUD telah memperoleh wawasan dan pengetahuan baru sehingga dapat memperkuat kompetensi guru secara luas dan mendalam terkait literasi kewarganegaraan, kemudian guru PAUD juga memiliki gambaran dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bermuatan literasi kewarganegaraan sekaligus dapat memahami dengan baik dalam mengintegrasikan indikator literasi kewarganegaraan ke dalam pembelajaran.

Author Biography

Meidi Saputra, Universitas Negeri Malang

Jurusan Hukum dan Kewargangeraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang

References

Adams, F. H., Andoh, S., & Quarshie, A. M. (2013). Effective Teaching of Citizenship Education in Primary Schools in. Journal of Education and Practice, 4(10), 18–23.

Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). Muatan Pendidikan Kewaranegaraan Sebagai Upaya Membelajarkan Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Disposition di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2018), 186–194.

Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103

Andriana, J., Sumarsih, & D., D. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau Dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, Dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 18–23. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/2521/2683

Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang. Universitas Diponegoro.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.

Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Fitria, N. (2017). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendiikan FKIP UNTIRTA 2017, 231–240.

Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Literasi Budaya dan Kewargaan. Gerakan Literasi Nasional, 8(9), 1–58.

LeCompte, K., Blevins, B., & Riggers-Piehl, T. (2020). Developing civic competence through action civics: A longitudinal look at the data. Journal of Social Studies Research, 44(1), 127–137. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2019.03.002

Maiello, C., Oser, F., & Biedermann, H. (2003). Civic Knowledge, Civic Skills and Civic Engagement. European Educational Research Journal, 2(3), 384–395. https://doi.org/10.2304/eerj.2003.2.3.5

Maimun, Sanusi, Yusuf, R., & Putra, I. (2019). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 143–150.

Muntengwa, W., Namadula, B., Hamainza, V., Simwatachela, R., Kakana, F., & Muleya, G. (2020). Unearthing Disablers in the Cultivation of Civic Skills among Learners in Selected Secondary Schools in Lusaka District , Zambia. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IV(IX), 228–238.

Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemetaan Kemampuan Guru Paud Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Pekanbaru. Sorot, 8(1), 95. https://doi.org/10.31258/sorot.8.1.2353

Nurhaidah, & Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 8–27.

Patterson, K. M. (2017). Civic Identity, Civic Skills, And Civic Knowledge: The Role of Adolescent School Experiences in Facilitating Civic Engagement in Adulthood. University of North Carolina.

Rifma. (2015). PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume XV No.1 April 2015. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan |, XV(1), 48–53. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi%0AFakultas

Rochyadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Paud Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Guru Di Paud Bougenville. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2252), 1–10.

Sapriya, Dianasari, & Hidayah, Y. (2021). Transformasi Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ibtida’, 02(01), 10–20. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/174

Saputra, M., Siddiq, I. H. A., Prabawangi, R. P., & Untari, S. (2021). The effect of perceived parenting styles on civic skills among East Java educators. Empowering Civil Society in the Industrial Revolution 4.0, 178–182. https://doi.org/10.1201/9781003180128-34

Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igohm, M. K. B. (2016). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 114–125.

Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v3i1.570

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suryadi, K. (2010). Inovasi nilai dan fungsi komunikasi partai politik bagi penguatan civic literacy (Issue November). http://file.upi.edu/Direktori/PIDATO/5._Naskah_Orasi_Ilmiah-Prof._Karim.pdf

Yuliariatiningsih, M. S. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10325/6363

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles