MEMBANGUN KEMBALI EKONOMI MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES): (Marketing Communication Melalui Pembuatan Video Compay Profile BUMDes Amarta Pandowoharjo Slemen)
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9701Kata Kunci:
Marketing Communication, BUMDes, Company ProfileAbstrak
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes Amarta merupakan salah satu BUMDes yang ada di Sleman Yogyakarta, berlokasi di Desa Pandowoharjo, Sleman. BUMDes Amarta adalah BUMDes sukses di D.I. Yogyakarta dan menjadi salah satu rujukan bagi ribuan BUMDes lainnya untuk belajar membangun manajemen usaha BUMDes sukses yang inovatif, dan terus berkembang. Pengabdian ini bertujuan untuk sarana penunjang informasi dan promosi, membangun citra BumDes Amarta di masyarakat, customer engagement terhadap BUMDes Amarta, meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai peran BUMDes bagi perekonomian Desa, khususnya Desa Pandowoharjo dari unit-unit usaha yang dimiliki BUMDes Amarta (TPS, Produksi Beras, Taman Kuliner dan Kolam Renang), pemahaman masyarakat mengenai pentingnya BUMDes bagi kesejahteraan desa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan menggunakan marketing communication melalui pembuatan company profile BUMDes Amarta beserta unit-unit usaha dan mitra UMKM.
Referensi
Brodie, R. H. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of Service Research, 252–271.
Bumdes. (2020). Kisah BUMDes Sukses: BUMDes Amarta di Pandowoharjo. Https://Www.Masterplandesa.Com/Bumdes/Kisah-Bumdes-Sukses-Bumdes-Amarta-Di-Pandowoharjo/.
Faedlulloh, D. (2018). BUMDes dan Kepemilikan Warga: Membangun Skema Organisasi Partisipatoris. Journal of Governance, 3(1), 1–17.
Kotler, P. A. (2012). Marketing Management (13th ed.). Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, P. A., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga.
Liou, james J. H., & Chuang, M. L. (2009). Evaluating corporate image and reputation using fuzzy MCDM approach in airline market. Qual Quant.
Maimunah, Sunarya, L., & Larasati, N. (2012). Media company profile sebagai sarana penunjang informasi dan promosi. CCIT Journal, 5(3).
Sinaga, E. M. (2020). Channel YouTube Untuk Meningkatkan Customer Engagement. SAINTEKS, 607–610.
Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis Dan Terapan. Alfabeta.
Trisnawati, A. P., & Indrajaya, G. B. (2014). Peran BUMDes Bagi Petani Miskin di Desa Bangli Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(6), 1097–1126.
Zulkarnaen, R. (2016). Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pondok Salam Kabupaten Purwakarta. Jurnal Dharmakarya, 5(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).