PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PERANCANGAN EVALUASI BERBASIS ONLINE

Authors

  • Saringatun Mudrikah Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Kusmuriyanto Kusmuriyanto Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Widodo Widodo Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9708

Keywords:

Kompetensi Guru, Evaluasi berbasis Online, Pembelajaran Daring

Abstract

Musibah terjadi di awal tahun 2020, dimana seluruh dunia termasuk Indonesia terkena pandemi Covid-19 dan hal ini berdampak pada seluruh sektor termasuk pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, secara cepat berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan secara daring. Pembelajaran daring yang dilakukan secara cepat ini menjadi kendala bagi guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Kebumen, terutama dalam merancang evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis online. Pelatihan dan pendampingan yang akan diberikan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Kebumen adalah dengan pemanfaatan online assesment tools, sehingga harapannya para guru tersebut dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam merancang media evaluasi pembelajaran berbasis online yang mudah dan inovatif, yang pada akhirnya dapat berdampak dalam kelancaran proses pelaksanaan pembelajaran. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: (1) melakukan koordinasi dengan Ketua MGMP Ekonomi, (2) melakukan koordinasi seluruh tim pengabdian kepada masyarakat, (3) melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi, (5) melakukan evaluasi kegiatan pengabdian. 

References

Abdullah, Jimmi Copriady, Betty Holiwarni, Herdini, and Ardiansyah. (2021). Pembuatan media pembelajaran berbasis socrative untuk meningkatkan literasi digital guru di kecamatan Pangkalan Kuras. Jurnal Publikasi Pendidikan 11(1):42–48.

Ahmad, Iqbal Faza. (2020). Asesmen alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 7(1):195–222. doi: 10.33650/pjp.v7i1.1136.

Amri, Amri, and Andi Jusman Tharihk. (2018). Pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 2(2):103–12.

Hadiwiyati, Rizka, and Syurfah Ayu Ithriah. (2020). Pelatihan pembuatan kuis online menggunakan google form untuk guru smk unitomo surabaya training with online quiz using google form for teachers of SMK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 8(1):106–10.

Mada, Ratu Dea, and Anharudin Anharudin. (2019). How online learning evaluation (kahoot) affecting students’ achievement and motivation (case study on it students). International Journal for Educational and Vocational Studies 1(5):422–27. doi: 10.29103/ijevs.v1i5.1494.

Mardiana, Tria, and Wiyat Arif Purnanto. (2017). Google form sebagai alternatif pembuatan latihan soal evaluasi. University Research Ccolloquium 01(01):183–88.

Pagarra, Hamzah, Patta Bundu, Muhammad Irfan, Hartoto, and Siti Raihan. (2020). Peningkatan kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi berbasis tes dan penugasan online. Jurnal Publikasi Pendidikan 10(3):260–65.

Rajagukguk, Meilicien. 2020. Inovasi penilaian pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz pada era revolusi industri 4.0. Pp. 45–50 in Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020.

Safitri, Desy, and Z. E. Ferdi Fauzan Putra. (2019). Pemberdayan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz. Prosiding Pengabdian 1(1):1–6.

Salsabila, Unik Hanifah, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ| 4(2):163–73. doi: 10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Sinta Elisa Jelita Kaunang. (2020). “Interesting Learning Model Using Kahoot Application As A Learning Evaluation Material for Students.†Dinamika Pembelajaran: Jurnal Ilmiah Pembelajaran 2(2):42–49.

Sudrajat, Didi. (2019). Assesmen Pembelajaran Bahasa Inggris: Model Dan Pengukurannya. Jurnal Intelegnsia 4(1):1–20.

Suhara, Alfa Mitri, Dida Firmasyah, and Indra Permana. (2020). Pelatihan pembelajaran e-learning socrative pada guru bahasa indonesia kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi 03(2):415–24.

Waruwu, Fince Tinus, Bister Purba, and Dito Putro Utomo. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Sarana Ujian Berbasis Online.†Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum 1(2):40–43.

Wulandari, Pitri, Maswani, and Husnul Khotimah. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di Sman 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):421–25.

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Articles