PELATIHAN PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY DALAM PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIPANAS

Nia Kurniawati(1), Anisa Sofarini(2), Trini Handayani(3), Anita Kamilah(4), Aji Mulyana(5*)

(1) Universitas Suryakancana
(2) Universitas Suryakancana
(3) Universitas Suryakancana
(4) Universitas Suryakancana
(5) Unversitas Suryakancana
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pelaksanaan  pelatihan penggunaan virtual reality dalam pengajaran kosa kata Bahasa Inggris pada guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cipanas ini untuk membuka wawasan dan pengetahuan guru terkait media pembelajaran berbasis teknologi. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan yang digunakan dalam pelatihan adalah pendekatan klasikal. Terdapat 5 tahapan dalam kegiatan pengabdian ini, yakni sebagai berikut: Identifikasi Masalah, Proses Informasi dan Solusi yang Ditawarkan, Penyusunan Materi Pelatihan, Pelaksanaan Pelatihan, Evaluasi. Perlu adanya peningkatan dalam metode pembelajaran Bahasa Inggris yang semula masih manual sekarang bergeser kepada penggunaan alat teknologi, solusi yang ditawarkan adalah memberikan penguatan kepada guru peserta pelatihan bahwa pembelajaran berbasis kolaboratif dapat diterapkan ketika VR digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Bahasa; Pembelajaran; Teknologi; Virtual; Language; Learning; Technology; Virtual.

Full Text:

PDF

References


Fitriana, R. (2018). Minat Dan Motivasi Dalam Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Kota Samarinda Interest and Motivation in Learning English At the Fourth Grade Students in Elementary School in Samamarinda. SNITT, 3, 324–334. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/613

Hariyanto. (2018). EF EPI 2018: Peringkat Kemampuan Berbahasa Inggris Orang Indonesia Bertahan di Tingkat Kecakapan Rendah. INDUSTRY.Co.Id.

Ibda, H. (2019). Media Pembelajaran berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. Pilar Nusantara.

Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., Kurniawan, M. A., Mardiana, N., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.

Jatikusumo, D., & Hidayat, R. R. (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Permainan Tebak Kata Dengan Web Crawler Menggunakan Android. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 3(1), 21–30.

Lathipatud Durriyah, T., & Zuhdi, M. (2018). Digital Literacy With EFL Student Teachers: Exploring Indonesian Student Teachers’ Initial Perception About Integrating Digital Technologies Into a Teaching Unit. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 53. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.53

Lege, R., Bonner, E., Frazier, E., & Pascucci, L. (2020). Pedagogical considerations for successful implementation of virtual reality in the language classroom. In New Technological Applications for Foreign and Second Language Learning and Teaching (pp. 24–46). IGI Global.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23–28.

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 80–90.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pilgrim, M. J., & Pilgrim, J. (2016). The use of virtual reality tools in the reading-language arts classroom. Texas Journal of Literacy Education, 4(2), 90–97.

Qomariyah, S. S., Permana, D., & Nafisah, B. Z. (2016). IbM Guru SD dalam Pembuatan Media 3D untuk Pengajaran Bahasa Inggris Siti. Jurnal Kependidikan, 15(4), 353–358. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-01

Sugiharto, T., S, G. P., & Ardianto. (2019). Pelatihan Penerapan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Bahasa Isyarat Di Slb Negeri Luragung Desa Cirahayu Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 38–47. https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i02.1987

Susanto, A. (2017). The Teaching of Vocabulary: A Perspective. Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra, 1(2), 182–191.

Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–181. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Widya, W., Yuliana, T. I., & Sofiani, Y. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Realia dan Flash Card. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 39. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2359




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i2.9908

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats