KEGIATAN BERNYANYI ASMAUL HUSNA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI MUSIK PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Dede Amih Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Quwwatl, Kota Bandung, Indonesia
  • Anita Rakhman Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10397

Keywords:

Singing Asmaul Husna, The Art Of Music

Abstract

In developing the art of musical ability in children of group B in TKQ Quwwatul Iman of faith is less than the methods taught in classified methods so that children are not good at learning. The asmaul husna singing activity is one possible way to develop musical arts abilities in children of group B. Research has a purpose in this study to describe deep learning in developing musical arts abilities with asmaul husna singing activities in child group B in TKQ Quwwatul Iman. Data was collected on this research through observation interviews and documents. The 10 children who were subjected to this study consisted of 5 boys and 5 girls. The reduction activity of data displays and deduction withdrawal is the analysis of, the date used. The study showed results that asmaul husna singing could develop musical arts abilities in group B children. With the planning of the proper drafting of RPPM and RPPH according to curriculum 13 and the schedule of activities made during the 8 meetings. Then the child's response to learning to children is excited and enthusiastic about following the learning.

Pembelajaran  dalam   mengembangkan kemampuan seni musik pada anak kelompok B di TKQ Quwwatul Iman masih kurang, yang mana metode yang diajarkan masih metode klasikal, sehingga anak tidak tertarik dalam belajar. Dengan kegiatan bernyanyi  Asmaul Husna merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan kemampuan seni musik pada anak kelompok B. Peneliti memiliki tujuan  dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan  pembelajaran melalui  kegiatan bernyanyi asmaul husna dalam mengembangkan kemampuan seni musik  pada anak kelompok B  di TKQ Quwwatul Iman. Pengumpulan data pada penelitian ini  melalui Observsi , wawancara, dan dokumentasi. 10 anak yang menjadi subjek pada penelitian ini  terdiri dari 5 anak laki laki dan 5 anak perempuan.  Aktifitasanalisis data meliputi  reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kegiatan  bernyanyi asmaul husna  dapat mengembangkan kemampuan seni musik  pada anakkelompok Bdengan perencanaan  menyusun RPPM dan RPPH  dengan baik sesuai kurikulum 13 serta jadwal kegiatan  yang dibuat selama 8 kali pertemuan,  kemudian respon anak terhahap pembelajaran terlihat jelas anak senang semangat dan antusiasdalammengikuti  pembelajaran.

References

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121.

Gafur, A. (2012) Desain Pembelajaran: Konsep, Model dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajara Yogyakarta:Ombak

Huliyah, M. (2017). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidi-kan Anak Usia Dini, 1(02), 149-164.

Kamtini, Tanjung ,& Wardi H (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Kusmiyatun. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Hafalan As-ma‟ul Husna Dengan Metode Menyanyi. Skripsi (Tidak Diter-bitkan). IAIN- SEMARANG

Latifah, P.P.I.D & Budiwati D.S. (2013) Studi Tentang Kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran “Calistung†untuk Anak Usia Dini di TK Sekolah Alam Bandung (Doctoral dissertation, Indonesia University of Education).

Marlina, L. (2017). Perencanaan Pem-belajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).

Rusman. (2013). Metode-Metode Pem-belajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2021). Pembelajaran Edukatif yang Asyik di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdi, 4(1), 105-112.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sholihah, U. (2019). Peningkatan ke-mampuan menghafal Asmaul Husna melalui media Flashcard pada Kelompok A (Usia 4-5 ta-hun) di Taman Kanak-Kanak An-nur Surabaya (Doctoral disserta-tion, UIN Sunan Ampel Suraba-ya)

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 ten-tang Sitem Pendidikan Nasional

Windarsih, C. A. (2015). PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMAHAMI BAHASA INGGRIS MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 63-72.

Downloads

Published

2022-05-20