MENSTIMULUS ASPEK SOSIAL MELALUI KEDISIPLINAN HIDUP SEHAT DENGAN PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Cincin Sumayanti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kadeudeuh, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Arifah A Riyanto Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10945

Keywords:

Social Aspect, Healthy Life Discipline, Online Learning

Abstract

Attention deficit hyperactivity disorder or ADHD is a disorder in a child who has difficulty paying attention or is known as hyperactivity. Children with ADHD in this study were motivated by the daily role of parents in accompanying children with the initials KPW. Condition of this child has obstacles to paying attention, high anxiety, and lack of concentration in various activities. While Sundanese is the mother tongue used by the West Java region. One of the methods used is singing to focus attention on ADHD children. This study aims to determine how the role of parents in stimulating Sundanese language skills with the singing method. This research method uses descriptive qualitative. Data collection techniques in this study used interviews, observations, and documentation. This study also uses qualitative data analysis, namely the process of systematically searching for compilers. The results of this study are successful because the role of great parents is to provide support in the form of emotional support and material support to children. When the researcher observed the parents accompanying the children in learning, patiently directing the children to follow the lesson, giving examples of Sundanese language by using the tone of the song that was exemplified by the teacher so that the child was able to do what was exemplified by the parents. The results of this study indicate that parents can stimulate the Sundanese language through the singing method.

Anak merupakan  makhluk sosial yang harus bisa menyelesaikan setiap permasalahan akibat dari interaksi dengan lingkungan sosialnya serta harus bisa menujukkan dirinya sesuai norma yang berlaku. Akibat dari tuntutan sosial tersebut  maka anak harus mencapai kematangan sosial dan keterampilan pada aspek sosial. Peneliti menyadari bahwa aspek sosial ialah hal yang harus dipelajari sejak dini.Tujuan penelitian ini untuk menstimulus aspek sosial melalui kedisiplinan hidup sehat dengan cara melakukan pembiasaan sehari-hari seperti berinteraksi dengan orang tua di pagi hari, mandi sendiri, membereskan tempat tidur sendiri, dan makan sendiri. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kelompok B usia 6 tahun sebanyak 10 anak menjadi subjek penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data menggunakan reduksi, display dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menstimulus aspek sosial anak usia dini melalui kedisiplinan hidup sehat dengan pembelajaran daring pada Kelompok B Di Kober Kadeudeuh mengalami peningkatan, dilihat dari hasil anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pertemuan ke-1 sekitar 2 sampai 3 anak berkembang meningkat hingga di Pertemuan ke-8 menjadi 6 hingga 7 anak berkembang meningkat.

References

Aprianti, E., & Nurunnisa, R. (2021). Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar Di Rumah Berbantuan Media Sosial Di Masa Pandemi Covid 19. Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pen-didikan Guru PAUD STKIP Sili-wangi Bandung, 6(2), 111-118.

Aqib, K. (2009). An Nafs: Psiko Sufistik Pendidikan Islami.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Barnawi & Arifin, A. (2013). Strategi & kebijakan pembelajaran pendidi-kan karakter. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.

Bisri, H. (2016). Kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak didik: Studi kasus pada anak kelas 3 MIN Malang 2 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK.

Hendarman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hudiyono. (2012). Membangun Karakter Anak. Surabaya: Esensi Erlangga Group.

Johnson, W. D. (2012). Colaborative learning, strategi pemebelajaran untuk sukses semua. Virginia: Al-exandria (Judul asli The Ne circle of learning. Diterjemahkan Nar-ulita Yusron, 2004).

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Masnipal. (2012). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesion-al. Jakarta: Gramedia

Mayar, F. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 459-464

Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prodjo, W. A. (2020). 15 Contoh kerjasama orang tua dan guru untuk bantu mendidik anak. Retrieved from compas.com: https//amp.kompas.com/edukasi/read/2020/01/23/17491551/15-contoh-kerjasama-orangtua-dan-guru-untuk-mendidik-anak.

Putra, F. R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Universitas Negeri Malang;Malang.

Rahmatunnisa, S., Mujtaba, I., & Al-fiyanti, A. R. (2020). Strategi Pen-didik Anak Usia Dini dalam Pem-belajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B KB/TK Al-IKHLAS. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Shochib, M. (1998). Pola asuh orang tua: untuk membantu anak mengembangkan disiplin diri. Rineka Cipta.

Sihadi, D. W., & Kuswantono, S. (2020, December). PENGEMBANGAN KAPASISTAS PENDIDIK DA-LAM MENERAPKAN PEM-BELAJARAN SOSIAL EMOSI DI KELAS VIRTUAL PADA MASA PANDEMIK COVID 19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyara-kat (Vol. 1, pp. SNPPM2020P-1).

Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan, nomor 36962/MPK.A/HK2020.

Surat Edaran No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20

Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-06-10