PENERAPAN MEDIA KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Deti Damayanti Kelompok Bermain (Kober) Miftahul Falah, Kab. Bandung Barat, Indonesia
  • Komala Komala Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12120

Keywords:

Collage, Creativity, Early Childhood

Abstract

This research is motivated by the low ability of creativity in children, one of the causes is the lack of use of media in the learning process, because creativity has a very important role in children's lives. Of the many learning media, collage is one of the learning media that can increase children's creativity. This study aims to describe the application of college activities to increase children's creativity. The method used in this research is descriptive qualitative. The subjects in this study were group B children aged 5-6 years in Kober Miftahul Falah. The tools used in this research are interviews, observation, and documentation. The data analysis used is data reduction, data display, and conclusion drawing. The application of this collage media is done by letting the children arrange and glue the materials that have been provided following the child's creativity so that a unique and interesting arrangement is arranged. Based on the results of research before the application of collage media, children's creativity has not developed, it can be seen by the presence of children who have not been able to compose and paste collage materials, and after the implementation of collage media shows that children's creativity increases as seen from the presence of children who can make different works, able to make works without assistance and able to stick according to their wishes so that children can produce new and unique arrangements following children's creativity

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kreativitas pada anak, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemanfaatan media pada proses pembelajaran, karena kreativitas mempunyai peran yang begitu penting dalam kehidupan anak. Dari sekian banyak media pembelajaran, kolase merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan kolase untuk meningkatkan kreativitas anak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B usia 5-6 tahun di Kober Miftahul Falah. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penerapan media kolase ini dilakukan dengan cara membiarkan anak menyusun dan merekatkan bahan yang telah di sediakan sesuai dengan kreativitas anak sehingga tersusun suatu tatanan yang unik dan menarik. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diadakannya penerapan media kolase kreativitas anak belum berkembang terlihat dengan adanya anak yang belum mampu menyusun dan menempel bahan kolase, dan setelah diterapkannya media kolase  menunjukan bahwa kreativitas anak meningkat terlihat dari adanya anak yang mampu membuat karya yang berbeda,  mampu membuat karya tanpa bantuan dan mampu menempel sesuai dengan keinginannya sehingga anak dapat menghasilkan tatanan yang baru dan unik sesuai dengan krearivitas anak.

References

Anwar, R.A., Jayadi, K., & Manggau, A. [2018]. Kolase Barang Bekaas untuk Kreativitas Anak. Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2 (1), 53-62. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5520

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Hariyanto, H. [2019]. Peningkatan Kreativitas melalui Kegiatan Kolase Bahan Alam pada Kelompok B TK PGRI Temanggung. Jurnal Audi Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD. 4 (1), 19-27.

Husnah, A., Sapri, S., & Lubis, R., [2018]. Peningkatan Kreativitas melalui Teknik Kolase pada Anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani T.A 2017/2018. Jurnal Raudhah. 6 (2), 1-10. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.274

Wulansari, R., Jubaedah, D. S., & Zahro, I. F. (2018). PENERAPAN TEKNIK KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 89-94. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p89-94

Kasta, A. (2019). Peningkatan kreativitas seni anak melalui kolase dengan menggu- nakan daun pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indone- sia), 4(1), 19-24. https://doi.org/10.29210/3003297000

Khasanah, Y. N. (2019). Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1). 69-83. https:// doi.org/10.14421/jga.2019.41-07

Putri, M. D. Y. A., Kristanto, K., & Prasetiyawati, D. (2019). PENGARUH KEGIATAN KOLASE KULIT JAGUNG WARNA TERHADAP KREATIVITAS ANAK TK B DI RA AMANAH KABUPATEN BATANG. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).156-162. https://doi.org/10.26877/paudi-a.v8i1.4044

Palintan, A. T. A. (2018). Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak. Al-Athfal: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). 1-9.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabet.

Husnah, A., [2018]. Peningkatan Kreativitas melalui Teknik Kolase pada Anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani T.A 2017/2018. [skripsi, Universitas Islam Negri Sumatera Utara. 2018]

Downloads

Published

2022-09-30