Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Saintifik Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ratu Trisna Delsah Universitas Negeri Padang-UNP

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Keywords:

Pembelajaran Sains, Pendekatan Saintifik, Anak Usia Dini

Abstract

Learning science in early childhood is needed according to the times that always changes is a challenge for children for the future, according to the child's life cant be separated from the phenomenon of science as a benchmark for the child to take action and solve the problems of science as process rain, the rainbow and the advent of technology such as computers in this technological age. The times will change according to the needs of people who will come so that we may not only take advantage of technological tools such as computers alone but that will come will be required child who requires creativity and reasoning in the process and create a product that would require knowledge that is global scientific knowledge capable analyze, troubleshoot and consistency can be maintained in the running life. So it is very important for the introduction of science in early childhood because they are in the golden age or golden age so that more stimulated then it will increase the power of reason are still active and required educators to encourage the process goldenly. The method used is descriptive or review literature. the kind of research in writing this article refers to the description of previous research with a review of the literature and other sources such as books, journals, etc. Techniques collection of data on the writing of this article is to review the literature.

Pembelajaran sains pada anak usia dini sangat dibutuhkan sesuai perkembangan zaman yang selalu terjadi perubahan yang menjadi tantangan bagi anak untu masa yang akan datang, sesuai dengan kehidupan anak tidak terlepas dari fenomena sains sebagai tolak ukur anak dalam mengambil tindakan serta mengatasi permasalahan sains seperti prioses terjadinya hujan, pelangi serta munculnya teknologi seperti komputer pada zaman teknologi ini. Perkembangan zaman akan berganti sesuai kebutuhan manusia yang akan datang sehingga tidak mungkin kita hanya memanfaatkan alat teknologi seperti komputer saja tetapi yang akan datang akan dibutuhkan anak yang menuntut kreativitas serta penalaran dalam melakukan proses dan membuat produk yang akan membutuhkan pengetahuan yang global yaitu pengetahuan sains yang mampu menganalisa, memecahkan masalah serta konsistensi yang mampu dipertahankan dalam menjalankan kehidupan. Sehingga sangat penting untuk pengenalan sains pada anak usia dini karena mereka berada pada masa golden age atau masa keemasan sehingga semakin distimulus maka akan meningkat daya nalar yang masih belum aktif dan dibutuhkan pendidik yang mampu mendorong proses keemasan tersebuti. Metode penelitian yang digunakan yaitu mendeskriptifkan atau review literatur.Jenis penelitian pada penulisan artikel ini mengacu pada pendeskripsian penelitian sebelumnya dengan review literatur dan sumber lainnya seperti buku, journal dll.Teknik pengumpulan data pada penulisan artikel ini yaitu dengan review

Author Biography

Ratu Trisna Delsah, Universitas Negeri Padang-UNP

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Padang

References

Gusliati, P., & Suryana, D. (n.d). The Implementation Of Science Learning In Kindergarten Of Mutiara Ananda Tabing Padang.

Juhji, J. (2017). Pembelajaran Sains pada Anak Raudhatul Athfal. aá¹£-á¹£ibyÄn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 49-59.

Klarissa, N. W. E., Tirtayani, L. A., Psi, S., Psi, M., Wiyasa, I. K. N., & Kes, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B3 TK Sila Chandra I Batubulan Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 282-292.

Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Wonosobo. AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 2(2), 13-24.

Nurika, W. (2018). ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERDASARKAN KUALIFIKASI GURU TK DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rahayu, S., Mayar, F., & Suryana, D. (2019, August). The Effect of Gardening Project Activities on Children's Science Ability of 5-6 at Aisyiyah II Kindergarten Sukajadi. In Padang International Conference on Educational Management And Administration (PICEMA 2018). Atlantis Press.

Saadah, t. (2017). Peningkatan Karakter Konservasi Melalui Sains Permulaan Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk It As-Shiddiqy Jepara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sari, D. Y., & Maulani, S. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SAINS ANAK USIA DINI. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 24-31

Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-dasar Pendidikan TK.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 67-82.

Suryana, D., Elina, E., Nurevi, N., & Ratnawilis, R. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak-kanak di Kota Padang.

Yolanda, E., & Dadan, S. (2018). Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Paper). Universitas Negeri Padang, Padang.

Downloads

Published

2021-04-14