ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Lina Yulianti IKIP Siliwangi
  • T Effendy Suryana IKIP Siliwangi
  • Chandra Asri Windarsih IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Keywords:

Educational Game Tools, Used Goods, Intelligence

Abstract

This research is motivated by the low intelligence of children in group B in Tunas Bangsa PAUD, Cianjur.  because in the learner uses media from the store that almost every day uses that media.  This study aims to improve children's intelligence, by changing their learning, which is to improve quality learning by using media or educational game tools.  In this case educational equipment made using used goods that are easily found and does not require large costs.  This study uses a descriptive qualitative method, and the subject of research is children to PAUD Tunas Bangsa in B group in Cianjur.  with the method of observation, interviews and documentation of the data collection techniques used.  And data collection techniques use data collection, data education, data display, and drawing conclusions.  As for the results of this study aimed at the development of the intelligence of children in group B in PAUD Tunas Bangsa Kab.Cianjur when teachers in their learning use the media or educational toys from used goods.  So that makes children creative and smart.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan anak pada kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Kab.Cianjur. karena dalam pembelajaranya mengunakan media yang dari toko yang hampir setiap harinya mengunakan media itu-itu saja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan anak , dengan cara merubah pembelajaranya, yaitu meningkatkan pembelajarannya yang berkualitas dengan mengunakan media atau alat permainan edukatif. Dalam hal ini alat permaiann edukattif yang dibuat memanfaatkan barang bekas yang mudah ditemukan dan tidak memerlukan biaya besar. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, dan subjek penelitian yiatu anak anak ke PAUD Tunas Bangsa pada kelompok B Kab.Cianjur . dengan observasi, wawancara dan dokumentasi itulah teknik pengumpulan data yang digunakan. Dan teknik pengumpulan data mengunakan pengumpulan data, redukasi data, display data, dan penarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menujukan adanya perkembangan pada kecerdaan anak pada kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Kab.Cianjur saat guru dalam pembelajaranya mengunakan media atau alat permainan edukatif dari barang bekas. Sehingga menjadikan anak yang kreatif dan cerdas.

References

Maemunah, S. (2015). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Bahan Alam. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XXII(3), 45-56.

Soepandi, I. dan Pramudya, A. (2018). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta : Bee Media Pustaka.

Hendriana,H. dan Afrilianto, M. (2017). Langkah Peraktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung : PT Refika Aditama.

Hijriati, H. (2017). PERANAN DAN MANFAAT APE UNTUK MENDUKUNG KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59-69.

Rohmalina, R. (2017). 3R “(Reduce, Reuse, Recycle)“SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENYONGSONG INDONESIA BEBAS SAMPAH DI PAUD SIAGA KOTA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-53.

Downloads

Published

2020-06-30