MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA MELALUI WAYANG KERTAS DI TK MAKEDONIA

Authors

  • Anny Doludea IKIP Siliwangi
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5

Keywords:

anak, menyimak, TK Makedonia, wayang kertas,

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terkait dengan kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran bahasa di TK Makedonia Cibeureum. Berdasarkan observasi awal hasil belajar anak yang menunjukkan rendahnya kemampuan menyimak yaitu: anak belum dapat memperhatikan guru ketika pelajaran berlangsung, anak tidak mengarahkan pandangan kepada guru ketika pembelajaran berlangsung perhatiannya cepat beralih ketika ada temannya yang berpindah-pindah tempat duduk dan anak belum dapat menjawab pertanyaan ketika diakhir pelajaran. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi alasan mendasar rumusan masalah yaitu: Apakah melalui kegiatan bercerita dengan wayang kertas dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak di TK Makedonia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran bahasa aspek menyimak anak kelompok B di TK Makedonia sebelum dan sesudah diberikannya pendekatan pembelajaran dengan metode bercerita melalui wayang kertas.

Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) setelah dilaksanakan beberapa siklus metode bercerita dengan wayang kertas, menunjukkan hasil peningkatan menyimak anak.

Kesimpulan, pengkatan tersebut dapat dilihat melalui kemampuan anak untuk mengarahkan pandangannya kepada guru, anak tidak terpengaruh pada temannya yang mengajak ngobrol, anak dapat menjawab pertanyaan guru pada akhir pelajaran.

 

References

Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Djamarah, B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hirata, S. 1989. Kura-kura yang Terbang di Langit. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media .

Sidjabat, B.S. 2009. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Kudus.

Rahmawati, Yeni dan Kurniati. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media.

https://beritagar.id/artikel/gaya hidup/

http://digilib.unila.ac.id/1239/3/BAB%2011

http://rizkiniza.blogspot.co.id/2013/06/manfaat_bercerita_pada_anak.html

penatengga.blogspot.co.id/2009/01/n?m=1

Soefandi, I., dan Pramudya, A. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta : Bee Media Indonesia.

Tarigan, H.G. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2018-01-20