MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN SAINS
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p6-14Keywords:
Kecerdasan Sosial Emosional, Bermain Sains, Anak Usia DiniAbstract
            Dian Anggrahini (2017). Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional melalui Implementasi Metode Bermain Dalam Pembelajaran Sains pada anak didik kelompok B di TK Lima Cibabat-Cimahi.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, observasi & evaluasi, serta hasil dari pelaksanaan penelitian melalui implementasi metode bermain sains untuk meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini, di mana penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yaitu bagaimana meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak melalui implementasi metode bermain dalam pembelajaran sains pada kelompok B di TK Lima?
            Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) tindakan siklus dan setiap siklus meliputi prosedur penelitian yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi & evaluasi, dan (4) refleksi. Dan setiap siklus dilaksanakan 3 (tiga) kali pertemuan.
            Pada siklus I dengan model pembelajaran langsung (direct learning), guru kurang optimal dalam memberi motivasi kepada anak didik agar dapat senang dengan rasa ke ingintahuannya yang besar dalam melakukan metode bermain \
sains, guru kurang memberi arahan dan bimbingan pada anak didik, guru juga tidak memberikan kesempatan pada anak didik untuk menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya. Kemudian pada siklus II dengan model pembelajaran kelompok, kelemahan-kelemahan di siklus I dapat diperbaiki oleh guru. Selain itu, anak didik tampak aktif dalam setiap kegiatan implementasi metode bermain sains  dan semakin banyak anak didik yang mampu melakukan dengan kesabaran, hati-hati dan tidak pantang menyerah, dan dapat dengan antusias menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui implementasi metode bermain dalam pembelajaran sains.
            Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kecerdasan sosial emosional anak dapat  menunjukkan perubahan yang bermakna di mana anak didik dapat lebih mengenal emosi dirinya, mengelola emosi, empati anak serta kemampuannya dalam membina hubungan atau kerjasama dengan orang lain.
Â
References
Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan
Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kendala
Prenada Media Group.
Rismayanti, N. (2016). Pengembangan Kecerdasan
Emosi Anak Usia Dini melalui Permaian
Tradisional di RA Baitussalam. Tesis pada
Jurusan PLS STKIP Siliwangi. Bandung.
Nurani, Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan
Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Nugroho, A dan Rachmawati, Y (2011). Metode
Pengembangan sosial Emosional. Penerbit
Universitas Terbuka
Hendriana,H dan Afrilianto, M (2014). Penelitian
Tindakan Kelas Suatu Karya Ilmiah. Bandung:
PT. Refika Aditama