IMPLEMENTASI LITERASI DINI MELALUI PERMAINAN ARISAN HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Aminah Aminah IKIP SILIWANGI, Jln Terusan Jendral Sudirman, Cimahi
  • Sri Nurhayati IKIP SILIWANGI, Jln Terusan Jendral Sudirman, Cimahi
  • Komala Komala

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Keywords:

Early Literacy, Read The Beginning, letter Gathering

Abstract

This study aims to discuss the process of implementing early literacy at the age of 5-6 years through letter arisan games. The letter arisan game is a game that can stimulate children's language development, especially in terms of recognizing letters and reading early or early literacy. In this game, the early literacy process is introduced gradually from recognizing the letters a-z, spelling out consonants and vowels, and combining two letters into a sound. This research method is descriptive qualitative. The data collection technique is done through participant observation and interviews. Data analysis used in this research is data reduction and data display. The results of this study indicate that letter arisan games can be applied to develop early literacy. The problem with this game is that it is a long and gradual process that requires patience and istiqomah in carrying it out. Several techniques must be used for this game to be lively and enjoyable. It is hoped that this research will be useful for parents and teachers in implementing fun early literacy for children.

Penelitian ini bertujuan untuk membahas proses implementasi literasi dini pada usia 5-6 tahun melalui permainan arisan huruf. Permainan arisan huruf merupakan permainan yang dapat merangsang perkembangan bahasa anak terutama dalam hal mengenal huruf dan membaca permulaan atau literasi dini. Dalam permainan ini, proses literasi dini dikenalkan secara bertahap dari mengenal huruf a-z, mengeja huruf konsonan dan vokal serta menggabungkan dua huruf menjadi sebuah bunyi. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan display data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan arisan huruf bisa diterapkan guna mengembangkan literasi dini. Kendala dari permainan ini adalah prosesnya yang panjang dan bertahap sehingga membutuhkan kesabaran dan istiqomahdalam melaksanakannya. Beberapa teknik harus dilakukan agar permainan ini menjadi hidup dan menyenangkan. Diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi para orangtua dan para guru dalam menerapkan literasi dini yang menyenangkan bagi anak. 


Author Biography

Komala Komala

IKIP SILIWANGI, Jln Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

References

Badan Pengembangan Bahasa dan perbukuan, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. (2016). KBBI V 0.4.0 Beta (40). https://github.com/yukuku/kbbi4

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Megawati, T., & Komala, K. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI OLAHRAGA LARI ESTAFET PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-GHUROBA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 126-136.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Pertiwi, A. D. (2016). Study deskriptif proses membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Purnama, S, Hijriyani, Y, S & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Departemen Pendidikan Nasional N0: 1839/C.C2/TU/2009. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Penerimaan Siswa Baru Sekolah Dasar.

Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Usman. (2015). Perkembangan Bahasa Dalam Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAEDAGOGIA, 21(1), 31-46.

Downloads

Published

2020-12-30