PENERAPAN KONSEP EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERMAIN SAMBIL BELAJAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Dani Sandita Rustam PAUD Al-Manar, Kp. Cibeletong RT.03/RW.09, Ds. Rancasenggang
  • Chandra Asri Windarsih IKIP SILIWANGI, Jalan Terusan Jendral Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Keywords:

Edutainment, Creativity Playing While Studying, Early Childhood

Abstract

In learning the edutainment method in building creativity while playing in the paud age group 5-6 years. Based on the phenomena that researchers found in the field, it was found that in building play creativity while learning by using the edutainment method, it can enhance children's creative power while playing. Play activities can be in the form of APE that has been provided by the school or from the findings of children in the environment around the school. This study aims to determine the effect of the edutainment method on the creativity of early childhood aged 5-6 years through beramin. Play creativity research data obtained by researchers by observation, interviews and documentation. Through qualitative descriptive research. This study involved 8 children who were vulnerable aged 5-6 years and educators in Al-Manar PAUD. This research use desciptive qualitative approach. The results of this study describe the increase in children's creativity in playing while learning. This research is expected to be able to provide a reference for educators to stimulate children in order to practice children's play creativity with what children find in the surrounding environment.

Metode pembelajaran edutainment bertujuan untuk meningkatkan kreativitas  bermain sambil belajar di paud kelompok usia 5-6 tahun. Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di lapangan, diperoleh bahwa dalam membangun kreativitas bermain sambil belajar dengan menggunakan metode edutainment, dapat meningkatkan daya kreatif anak saat sedang bermain. Kegiatan bermain dapat berupa alat peraga edukatif (APE)yang telah di sediakan sekolah atau dari hasil temuan anak di lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode edutainment terhadap kreativitas dan bermain sambil belajar di paud kelompok usia 5-6 tahun melalui bermain. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan anak yang berjumlah 8 orang yang memiliki rentang usia 5-6 Tahun dan tenaga pendidik yang ada di PAUD Al-Manar. Penelitian ini menggunakan metode edutainment teknik analisis deskriftif kualitatif, adalah menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawacara atau pengamatan mengnai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan, menurut Braun & Clarke (dalam Heriyanto, 2019). Hasil penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak dalam bermain sambil belajar. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan referensi bagi pendidik untuk menstimulus anak guna melatih kreativitas bermain anak dengan apa yang anak temukan di lingkungan sekitar.

References

Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Hafizar, R., & Alam, S. K. (2020). IMPLEMENTASI METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaftif), 3(5).

Heriyanto, H. (2019). Implementasi Thematic Analysis dalam Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Anuva : Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(1), 27-31.

Masyah, M., Sumarsih, S., & Delrefi, D. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAH MASALAH MELALUI BERMAIN PADA ANAK KELOMPOK A1 DI PAUD KEMALA BHAYANGKARI BENGKULU UTARA. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 101-106.

Muntomimah, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 73-80.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santosa, E, V. (2008). 100 Permainan Kreatif Untuk Outbond & Training, Yogyakarta: Andi Offset.

Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sholeh, H. (2011) .Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva press.

Downloads

Published

2021-01-04