MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI SIKAP TOLERANSI

Authors

  • Lia Marlina IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Arifah A Riyanto IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Rita Nurrunnisa IKIP Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Toleransi

Abstract

In an increasingly modern era, it seems very important for parents or educators in an educational institution to always teach something good starting from an early age. When the child is in the environment around the child can and is used to getting used to himself so that he always behaves well. One of the good behaviors that should be introduced and taught to children is tolerance behavior. Tolerance behavior itself is an act of accepting gracefully what it gets in addition to that tolerance is a behavior that always appreciates things starting from small ones. The purpose of this research is to find out how to improve children's spiritual intelligence through tolerant behavior. The method used by researchers in this study is to use the library research method or the usual literature study where the author gets information from several sources such as journals and books related to the research title. The data collection technique that the writer uses in this research is the documentation technique and the type of data analysis method that I use here is the content analysis method. The result of the research that has been done is the importance of introducing and implementing a tolerance attitude towards children from an early age. Tolerance is one of the things that can stimulate spiritual development in children, although there are still many ways. By providing an understanding of tolerance as early as possible, children will get used to accepting everything with what is obtained.

Di zaman yang semakin modern, bagi orangtua ataupun pendidik di suatu lembaga pendidikan rasanya sangat penting untuk senantiasa mengajarkan sesuatu yang baik dimulai sejak mereka berusia dini. Ketika anak berada di lingkungan sekitar anak bisa dan terbiasa untuk membiasakan dirinya agar senantiasa berperilaku yang baik . Salah satu dari  perilaku baik yang seharusnya dikenalkan serta diajarkan kepada  anak yaitu perilaku toleransi.  Perilaku  toleransi itu sendiri merupakan suatu perbuatan menerima dengan lapang dada apa yang diperoleh dirinya selain itu juga toleransi merupakan suatu perilaku yang senantiasa menghargai hal-hal dimulai dari yang sifatnya kecil. Tujuan dengan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kecerdasan spiritual anak melalui perilaku toleransi. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode library research atau yang biasa dengan studi kepustakaan dimana penulis mendapatkan informasi dari beberapa sumber seperti jurnal dan buku yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan jenis metode analisis data  yang penulis gunakan di sini adalah metode analisis isi (content analysis).  Hasil dari penelitian yang telah dilakukan  merupakan pentingnya pengenalan dan penerapan sikap toleransi kepada anak sejak dini. Sikap toleransitermasuk kedalam salah satu hal yang bisa menstimulus perkembangan spiritual pada anak meskipn masih banyak caranya. Dengan memberikan pemahaman tentang sikap toleransi sedini mungkin akan embuat anak terbiasa menerima segala sesuatu dengan lapang apa yang didapatkan.

References

Aziz, S.(2015). Pendidikan Keluarga

Konsep dan Strategi. Yogyakarta : Gava Media.

Faiqoh, N. (2015). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model

pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Fitroh, S. F. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN PARENTING GUNA MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SEKOLAH (Studi Kasus Pada Ibu dari Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ulil Albab Kamal). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 1-7.

Herawati, H. (2018). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK NILAI TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7(2), 26-31.

Hotimah, N., & Yanto, Y. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 85-93.

Huda, M. T., & Dina, U. (2019). Urgensi Toleransi Antar Agama dalam Perspektif Tafsir al-Syaârawi. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 8(1), 44-60.

Irsad, M. (2018). Metode Maria

Montessori Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51-58.

KU, B. Y. (2015). PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK KARYA RINI YOGYAKARTA. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 30-39.

Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada TK Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

RUPI, N. (2018). MENGEMBANGKAN TOLERANSI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BUDI ASIH MUARA BARU LAMPUNG BARAT (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2020-12-24